​PJNE Raih Penghargaan Bidang SDM dan Digital Marketing & Social Media 

0
717

JAKARTA – Kinerja maksimal seluruh personil JNE kembali menuai penghargaan bergengsi hasil dari riset di bidang sumber daya manusia, aktifitas digital marketing dan performa social media perusahaan. Tiga penghargaan bergengsi yang dianugerahkan kepada JNE di bulan ini adalah Stellar Workplace Award 2016,
Digital Marketing Award 2016 dan Social Media Award 2016.

Diawali dengan penganugerahan Stellar Workplace Award 2016 dalam hal Employee Commitment & Satisfaction kepada JNE oleh Harian Kontan dan GML Performance Consulting. Acara seremonial penyerahannya dilangsungkan Hotel Santika Slipi Jakarta Barat pada 10 Oktober 2016. Kartika Akbaria selaku VP of Human Capital mewakili JNE untuk menerima penghargaan yang diserahkan oleh Pemimpin Redaksi Harian Kontan, Adrian Taufik.

Stellar Workplace Award 2016 adalah riset yang mengukur tingkat employee engagement (keterikatan karyawan) terhadap perusahaan. Model penelitian yang dilakukan terhadap 2000 orang karyawan dari berbagai perusahaan ini adalah 3S yaitu Say (karyawan membicarakan hal-hal positif tentang perusahaan), Stay (karyawan memiliki keinginan untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama) dan Strive (karyawan bekerja keras untuk memberikan yang terbaik kepada organisasi).

JNE yang kini telah memiliki lebih dari 25000 karyawan di kantor pusat dan kantor cabang serta kantor perwakilan mau pun titik layanan mitra di seluruh nusantara, terus melakukan berbagai upaya dalam mengembangkan kualitas SDM. Tercatat lebih dari 60% personil berstatus karyawan tetap dan jumlah keseluruhannya di dominasi oleh generasi “Y” atau generasi muda berusia 35 tahun kebawah.

Puluhan ribu karyawan tersebut mendapat naungan dari perusahaan secara swakelola dengan suasana kekeluargaan yang kental. Kualitas personal tiap karyawan dari berbagai bidang, ditingkatkan melalui program-program dari Direktorat Human Capital & Corporate Affairs yang mengacu kepada 4 pilar yaitu spiritual, emosional, physical, dan intelektual, mulai dari training rutin sampai dengan pemberian beasiswa. Begitu juga dengan apresiasi bagi karyawan yang setia bekerja secara loyal dalam jangka waktu yang lama, pun menjadi program prioritas. Program tersebut seperti ibadah umrah bagi karyawan muslim dan berkunjung ke Tanah Suci Yerusalem bagi karyawan nasrani.

Berikutnya adalah penghargaan Digital Marketing Award 2016 dan Social Media Award 2016 kategori Courier Service dari Majalah Marketing yang bekerjasama dengan SurveyOne, Frontier Consulting Group dan

MediaWave. Kedua penghargaan bergengsi hasil riset yang dilakukan oleh para penyelenggara tersebut, diserahkan kepada Mayland Hendar Prasetyo selaku Head of Marketing Communication Division JNE oleh

Pemimpin Redaksi Majalah Marketing, PJ. Rahmat Susanta beserta Sukardi Arifin selaku Managing Director Majalah Marketing & SurveyOne dan CFO MediaWave, Erik Palupi. Seremonial penyerahan penghargaan digelar di Hotel Mulia Jakarta pada Rabu 19 Oktober 2016.

Penghargaan Digital Marketing Award 2016 kategori Courier Services diberikan kepada JNE yang berhasil meletakkan pondasi digital (digital platform) dalam bentuk website. Riset ini mengukur 5 aspek dari website perusahaan yaitu Reliability (Keandalan/produk tersebut berfungsi dengan baik dan tidak sering bermasalah), Durability (Daya tahan produk/keawetan), Feature (Kelengkapan fitur yang ada didalamnya), Design (Menyangkut bentuk dan warna yang menarik), Easy to Get (kemudahan dalam mendapatkan produk tersebut). Total sebanyak 1250 responden di 5 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar diambil datanya menggunakan metodologi multistage random sampling.

Social Media Award 2016 kategori Courier Services yang diserahkan pada acara yang sama, merupakan yang ketiga kalinya dianugerahkan JNE sebagai perusahaan di bidang jasa pengiriman ekspres yang memiliki performa baik dalam aktifitas branding di social media. Riset yang dilakukan oleh peneliti, sehingga JNE dinobatkan sebagai penerima penghargaan dengan skor tertinggi yaitu 75.5%, adalah mengukur persentase pembicaraan positif JNE di social media ditambah persentase pembicaraan netral dan dikurangi persentase pembicaraan negatif.

Tiga penghargaan sekaligus di bulan ini, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi JNE yang selama setahun terakhir melakukan banyak pengembangan di sektor-sektor penting, dimana peningkatan kualitas teknologi informasi dan komunikasi serta SDM menjadi prioritas. Di bidang IT, JNE memperbarui website dan menyediakan mobile apps MyJNE. Sementara peluang berkarier bagi tenaga kerja dari berbagai bidang juga terbuka seiring dengan kapasitas pengiriman yang terus bertambah.

Mengenai penghargaan-penghargaan tersebut, M. Feriadi selaku Presiden Direktur JNE menyampaikan, “Rasa syukur, kebanggaan dan kebahagiaan bercampur saat kinerja seluruh karyawan JNE mendapat apresiasi dari pihak lain berupa penghargaan bergengsi. Peningkatan dan perbaikan tentunya selalu JNE lakukan demi terus memberikan manfaat bagi banyak orang dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan memenuhi kebutuhan pelanggan akan distribusi barang. Penghargaan ini didedikasikan kepada seluruh karyawan yang telah melakukan upaya maksimal dalam tugasnya mengemban amanah sesuai tagline Connecting Happiness, sehingga selama 26 tahun JNE dapat terus melayani dan melanjutkan langkah untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan”.

Menjelang hari jadinya yang ke-26 tahun di bulan November tahun ini, JNE telah melakukan berbagai program untuk menambah kapabilitas seiring dengan kebutuhan konsumen akan distribusi barang yang meningkat di era digital. Perluasan mau pun pengembangan jaringan pun terus dilakukan dan di bulan ini kantor baru cabang utama JNE Surabaya yang memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang pelayanan prima akan diresmikan setelah kantor baru cabang utama JNE Semarang dioperasikan pada Agustus lalu.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.