Enduro Matic Kuasai Pasar Jateng-DIY




SEMARANG- Produk pelumas Pertamina, ‘Enduro Matic’ berhasil menguasai pasar di Jateng-DIY. Bahkan, produk tersebut memberikan kontribusi hingga 10% dari total penjualan produk pelumas Pertamina.

Sales Region Manager IV Pertamina Lubrican, Christina C.H. Simorangkir mengatakan, penjualan pelumas Enduro Matic pada November 2016 telah mencapai sekitar 4.000 Kilo Liter (KL). Jumlah tersebut setidaknya mencapai 10% dari total penjualan produk-produk Pelumas Pertamina.

“Rata-rata penjualan pelumas Pertamina di Jateng-DIY dalam setahun bisa mencapai 40.000 KL dengan sekitar 120 macam jenis pelumas. Adapun Enduro Matic memberi kontribusi sekitar 4.000 KL,” katanya, disela menerima penghargaan ‘Sindo Award’ dengan kategori ‘Penjualan Produk Terbaik’, di Pesonna Hotel Semarang.

Menurutnya, penjualan‎ pelumas Enduro Matic meningkat sekitar 10-15% sejak tiga tahun terakhir. Adapun pada tahun lalu, penjualan Enduro Matic di Jateng-DIY hanya sekitar 3.000 KL, dan meningkat menjadi 4.000 KL di tahun ini.

“Tren penjualan Enduro Matic ini terus meningkat setiap tahunnya, seiring banyaknya pabrikan sepeda motor yang kini mengeluarkan produk maticnya,” ungkapnya. 

Dijelaskan, pelumas Enduro Matic menjadi satu-satunya merek yang menggunakan ‎zat aktif Molybdenum (Mo)‎. Kandungan itu membuat pelumas lebih licin, sehingga mesin mampu bekerja optimal dan bahan bakar yang digunakan pun menjadi irit.

“Pada 2009 lalu kami sudah melalukan uji dari Jawa-Bali terhadap pelumas ini. ‎Untuk segi daya tahannya sama penggunaan 4.000-5.000 kilometer. Tapi lebih hemat bensin, apalagi biasanya karakter mesin matic yang boros bisa jadi alternatif pelumas ini,” terangnya. 

Sementara, penghargaan Sindo Award diberikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru  Sudjatmoko, kepada GM Pertamina MOR IV Jateng-DIY. Dalam kesempatan tersebut, Kusnendar berterimakasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk pelumas Enduro, khususnya untuk oli pelumas Enduro Matic ‎yang mampu mendapatkan penjualan yang terbanyak.

“Kami mendapatkan penghargaan ini tak terlepas dari kepercayaan masyarakat akan produk Enduro Matic,” tegasnya. 

Kusnendar mengaku, penghargaan tersebut akan menjadi semangat Pertamina Lubricants khususnya di daerah Jateng-DIY untuk tetap melakukan inovasi. Selain itu, penghargaan ini menjadi bukti konsistensinya PT Pertamina Lubricants dalam memperkuat brand pelumas Pertamina dengan terus berinovasi dan membangun strategi pemasaran yang kreatif.(aln)