Stasiun Tawang Diramaikan Bazar UMKM 

0
277



SEMARANG- Dalam rangka memeriahkan angkutan Natal dan Tahun Baru 2017, PT KAI Daop 4 Semarang menggelar bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Stasiun Tawang Semarang. Bazar yang mulai digelar Rabu  hingga awal tahun mendatang ini diikuti oleh pelaku UMKM binaan PT KAI.

Vice Presiden PT KAI Daop 4 Semarang, Wiwik Widayanti mengatakan, bazar dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dan melibatkan pelaku UMKM binaan PT KAI. Kegiatan bazar di stasiun Tawang ini merupakan kali pertama dilakukan PT KAI, dan ke depan akan dilakukan secara rutin. 

“Kegiatan ini serentak secara nasional di masing-masing Daop dalam rangka menyemarakan liburan Natal dan Tahun Baru 2017,” katanya, usai membuka Bazar di Stasiun Tawang Semarang.

Dijelaskannya, PT KAI Daop 4 memilik 80-an mitra binaan UMKM dengan berbagai usaha dan produk, mulai dari makanan, fashion sampai furniture. Pembinaan yang dilakukan PT KAI berupa bantuan permodalan dan juga pendampingan usaha. 

“Bagi Mitra binaan kami memberikan bantuan permodalan dengan batas maksimal Rp50juta untuk pelaku UMKM baru. Bantuan permodalan ini berupa pinjaman lunak yang bisa diangsur dengan sangat ringan selama 2-3 tahun,” jelasnya.

Pembinaan dan juga kemitraan dengan UMKM merupakan bagian dari Corporate Social Responsblity (CSR) dari PT KAI. Di tahun 2016 ini, PT KAI Daop 4 sudah melakukan penyaluran bantuan permodalan sekitar Rp3 miliar.

“Untuk CSR selain kemitraan kita juga ada bina lingkungan. Di tahun ini total kita sudah menyalurkan setidaknya Rp3,6 miliar dan sebagian besar memang untuk UMKM,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here