Sido Muncul Dukung Kemajuan Sektor Wisata

0
298




SEMARANG- Kalangan pengusaha mendukung langkah pemerintah Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang dalam menggerakkan sektor pariwisata. Langkah ini perlu untuk menggeliatkan kembali kondisi ekonomi yang belakangan tengah lesu.


Direktur PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat mengatakan, Kota Semarang memiliki potensi pariwisata yang cukup besar, dengan kondisi masyarakat majemuk yang multikultural. Keberagaman tersebut salah satunya tercermin melalui perayaan Imlek atau tradisi keagamaan lainnya. 

“KJika digarap dengan serius, keragaman budaya ini bisa menjadi peluang menumbuhkan ekonomi, khususnya dari sektor pariwisata. Bahkan dampaknya bisa lebih cepat terasa dibanding upaya bisnis lain,” katanya, saat bertemu ketaketik.com di Stand Sido Muncul, di Pasar Imlek Semawis Semarang.


Menurutnya, ragam kebudayaan merupakan kekayaan Indonesia yang sayang jika tidak dimanfaatkan secara maksimal. Pasalnya, multiplier effect dari bisnis di sektor pariwisata sangat luas dan melibatkan banyak pihak.

“Sido Muncul sendiri selalu berupaya terlibat aktif dalam berbagai event kebudayaan, termasuk perayaan Cap Go Meh di Yogyakarta nanti. Bahkan dalam pembuatan iklan pun kami banyak mengusung konsep pariwisata,” ungkapnya. 

Dijelaskan, bagi kalangan pengusaha, ikut terlibat dalam event pariwisata selain bisa meningkatkan penjualan, sekaligus sebagai sarana promosi. Disamping itu, tentunya turut membantu pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Kalau mendorong ekonomi melalui pariwisata, seribu persen saya setuju dan ikut mendukung. Baru-baru ini, Sido Muncul bahkan sudah berupaya menggiatkan destinasi wisata Rawa Pening melalui program penyelamatan sumber air,” jelasnya. 

Irwan berharap, pemerintah serius dalam menggarap potensi pariwisata yang ada. Jika digarap serius, event-event semacam Pasar Imlek Semawis akan menjaring banyak wisatawan. Apalagi, potensi yang ada di Kota Semarang untuk menggelar event-event budaya sangat besar.

“Kawasan Kota Lama dan Pecinan Semarang kalau direvitalisasi juga saya optimis bakal menyedot wisatawan,” ujarnya.

Sementara, dengan pariwisata yang tumbuh, selain menyedot tingkat kunjungan wisata, juga akan membuka banyak lapangan kerja. Masyarakat disekitarnya dapat menjadi pemandu wisata, menumbuhkan UKM/pedagang-pedagang souvenir, dan lain-lain.

“Akan ada multi player efect. Banyak yang terlibat. Pokoknya dalam hal pengembangan pariwisata, Sido Muncul sangat mendukung,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here