TPID Sidak Cabai ke Petani

0
357




*Petani Jual Cabai Rawit Rp95.100/Kg

SEMARANG- Setelah pekan lalu melakukan inspeksi mendadak (sidak) cabai ke tingkat pedagang di Pasar Johar Semarang, Selasa (31/1) petang, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jawa Tengah kembali melakukan hal serupa ke tingkat petani di Grabag, Magelang. Sidak dilakukan untuk mencari tahu lebih dalam terkait penyebab masih tingginya harga cabai di pasaran, untuk kemudian dicarikan solusinya.

Dalam sidak terungkap, harga jual cabai rawit di tingkat petani saat ini mencapai Rp95.100/kg. Tingginya harga jual tersebut lantaran kondisi cuaca yang kurang bagus, sehingga membuat hasil panen tidak maksimal.

Pendamping petani cabai di Kabupaten Magelang, Tunov Mondroatmojo mengakui, petani cabai mengambil untung tinggi karena risiko gagal panen tinggi. Jika sebelumnya keuntungan yang diambil petani rata-rata Rp12.000/kg, kini menjadi Rp15.000/kg.

“Resiko gagal panen saat musim hujan sangat tinggi. Bahkan kini volume panen cabai juga sudah turun,” katanya, disela aktivitas lelang cabai, di Dusun Baleagung, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Selasa (31/1) petang.

Menurutnya, biasanya panen cabai di satu gapoktan dengan anggota sekitar 50 petani bisa mencapai 2 ton sekali petik. Namun, saat ini volume panen turun menjadi 5-6 kuintal saja.

“Volume panen ini dari luasan lahan sekitar 7 hektar,” ungkapnya. 

Hal senada dikatakan Supriyadi, Ketua Gapoktan Tani Lestari. Penurunan volume panen ini terjadi karena cuaca buruk yang berdampak pada menurunnya kualitas cabai.

“Banyak cabai layu karena busuk batang,” ujarnya.

Dijelaskan, masa petik cabai merah di daerahnya dilakukan setiap tiga hari sekali dan dipetik pagi hari. Tanaman cabai rawit merah itu sebelumnya ditanam pada bulan Juni-Juli 2016, dengan harapan saat dipanen bisa melimpah hasilnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini harga cabai masih bertahan tinggi. Supriyadi menuturkan, untuk harga cabai di level petani pada lelang terakhir mencapai Rp95.100/kg untuk cabai rawit merah dan Rp37.000/kg untuk cabai merah keriting.

“Saat ini harga cabai rawit merah di tingkat petani pada lelang terakhir mencapai Rp95.100/kg. Harga itu bisa lebih mahal lagi ketika sampai di tangan konsumen, karena proses distribusi dan campur tangan dari pengepul,” pungkasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.