​Pefindo Biro Kredit dan Pegadaian Resmikan Perjanjian Keanggotaan

0
1105

SEMARANG – PT Pegadaian (Persero) hari ini meresmikan keanggotaannya di PT PEFINDO Biro Kredit. “Bergabungnya Pegadaian di Pefindo Biro Kredit merupakan hal yang positif guna meningkatkan tingkat inklusi keuangan nasional sekaligus meningkatkan kedalaman sistem keuangan nasional”, jelas Ronald T. Andi Kasim, CFA, Direktur Utama Pefindo Biro Kredit yang ditemui seusai acara penandatanganan perjanjian di Jakarta.

Lebih jauh Ronald menambahkan bahwa melalui keanggotaan Pegadaian di Pefindo Biro Kredit, maka kalangan nasabah yang selama ini belum bankable akan mendapatkan akses yang lebih mudah dan luas untuk masuk ke industri keuangan nasional. Demikian juga halnya dengan pihak Pegadaian yang dapat memanfaatkan data perkreditan yang akurat dan komprehensif guna lebih mengetahui profil nasabahnya.

Sebagai lembaga pengelola informasi perkreditan, Pefindo Biro Kredit berkomitmen untuk terus mendukung terciptanya akses pembiayaan inklusif ke berbagai jenis lapisan masyarakat dan sektor UKM guna mendorong kemudahan, pertumbuhan dan ekspansi usaha ke depan” demikian Ronald menutup keterangannya. 

Sementara itu Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Riswinandi menyatakan bahwa keikutsertaan Pegadaian dalam keanggotaan Pefindo Biro Kredit ini sangat bermanfaat untuk memperluas akses informasi tentang data kredit maupun data lainnya yang dimiliki oleh Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP).

“Dengan kerjasama ini Pegadaian memperoleh akses informasi dari Pefindo tentang kondisi fasilitas penyedia dana atau pembiayaan dari Lembaga Keuangan Non Bank (LKNB) terhadap calon nasabah. Selain itu juga dapat memperoleh informasi lain tentang kewajiban tertentu dalam memenuhi kewajiban keuangan mereka. Dengan demikian dana yang disalurkan Pegadaian dapat tepat sasaran maupun penggunaannya”.

Lebih lanjut Riswinandi mengatakan bahwa Pegadaian merupakan bagian dari BUMN yang mempunyai misi untuk membantu Pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu produk dan layanan Pegadaian dibuat dalam rangka memberikan solusi keuangan pada masyarakat guna mengatasi berbagai kebutuhan keuangan.

“Masyarakat juga semakin mudah memperoleh informasi tentang produk-produk pembiayaan yang dimiliki oleh Pegadaian untuk mensolusi kebutuhan pembiayaan gadai, usaha mikro, pemilikan kendaraan bermotor, maupun pembiayaan ibadah haji”.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here