Sambut Lebaran, Jaringan 4G XL Terus Diperluas


SEMARANG- Menyambut Lebaran, PT XL Axiata Tbk (XL) terus memperluas jaringan 4G di sejumlah titik-titik strategis. Apalagi, Semarang dan sekitarnya menjadi daerah tujuan mudik yang memungkinkan terjadinya lonjakan trafik.


“Untuk sistem 4G saat ini sudah makin banyak dipakai pelanggan, jadi kami terus berupaya meningkatkan infrastruktur,” kata Heriantoni, Regional Sales Manager Semarang, disela Peluncuran Layanan “Youtube” tanpa Kuota dan Nonton Bareng bersama Wartawan Ekonomi Semarang.


Menurutnya, jangkauan layanan 4G di regional Semarang yang meliputi Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Kendal sudah hampir merata. Setidaknya 80% area sudah terjangkau layanan 4G XL.

“Sekitar 80% yang sudah terjangkau jaringan 4G, yang belum hanya di Kendal,” ungkapnya.

Untuk mengakomodir layanan 4G di Kabupaten Kendal, lanjutnya, saat menjelang Lebaran nanti XL akan menambah “mobile BTS” (MBTS) sebanyak 5 menit. Namun, sifatnya baru sementara, mengingat jelang Lebaran biasanya akan ada peningkatan jumlah pelanggan 4G yang masuk ke regional Semarang.


“Jadi nanti sementara akan kita tempatkan 5 MBTS yang kami pasang di sepanjang Kendal hingga Semarang,” ujarnya.

Dijelaskan, total pelanggan XL di Jawa Tengah dan DIY saat ini mencapai 11 juta pelanggan. Khusus di regional Semarang, ada sekitar 11-15% dari total pelanggan Jateng dan DIY tersebut.


“Sejauh ini setengah dari pelanggan regional Semarang tersebut sudah beralih ke 4G sehingga dirasa penting untuk menambah infrastruktur jaringan 4G,” terangnya.(aln)