​JNE Solo Dorong Inovasi Ekonomi Kreatif

0
1220

*UKM Sragen untuk Fokus di Pasar Domestik

SRAGEN – Pertumbuhan e-commerce yang semakin pesat berdampak positif pada bisnis pengiriman. Pelaku e- commerce kini tidak hanya didominasi pemain besar bisnis marketplace, namun juga merambah dunia usaha, baik kecil maupun menengah di daerah. Keberadaan JNE yang hadir diseluruh pelosok nusantara menjadi komitmen bahwa JNE harus memberi manfaat bagi masyarakat. Salah satunya turut mengembangkan UKM di seluruh Indonesia. 
Gayung bersambut karena tampaknya pemerintah daerah juga memperhatikan pertumbuhan e- commerce. Salah satunya melalui kegiatan Temu Usaha UMKM, Koordinasi dan fasilitasi Kerjasama Antar Usaha Daerah dan Dunia Usaha di Kabupaten Sragen dengan tema “Strategi Kreatif Mengembangkan Daya Saing Usaha Daerah di Kabupaten Sragen”.

Acara ini merupakan agenda Pemerintah Kabupaten Sragen dalam rangka pengembangan UKM yang menjadi salah satu bagian penting dari perekonomiaan dan pembangunan di wilayah Sragen. Dalam acara yang berlangsung pada Rabu 3/5 di Komplek Kantor Bupati Sragen tersebut Putut Heru Nugroho, Kepala Cabang JNE Sragen berkesempatan untuk menjadi salah satu narasumber yang mewakili dunia usaha.

Selain menyampaikan mengenai produk dan layanan JNE, Putut juga menjelaskan berbagai kemudahan yang ditawarkan JNE Sragen bagi UKM yaitu layanan pick up untuk 20 kecamatan di seluruh Sragen. Menurut Putut, Sragen memiliki potensi yang cukup besar terutama sektor pertanian yang merupakan komoditas utama dari wilayah tersebut. Didepan 30 peserta temu usaha yang berasal dari UMKM binaan Pemkab Sragen, Perbankan Daerah, Dinas Koperasi dan UKM Bappeda Putut membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pelaku usaha perdagangan dan kerajinan di Sragen untuk bekerjasama dengan JNE agar dapat memasarkan produknya ke seluruh Indonesia.

Masih berbicara soal UMKM, Sabtu 6/5 giliran JNE Solo yang mengadakan workshop bagi UKM di Sragen. Kali ini 100 peserta diundang dalam acara bertajuk “UKM Sragen Go Online Untuk Tumbuh dan Berkembang Bersama JNE”. JNE Solo menghadirkan dua narasumber yaitu Adimas Banjar dari Komunitas Bukalapak dan Mujahisudin dari Komunitas Onlineshop Sragen. Adimas Banjar berbagi tips bagi para pelaku usaha yang ingin memasarkan produknya secara online di Bukalapak. 

Sedangkan Mujahisudin menjelaskan mengenai aktivitas komunitas onlineshop Sragen dan bagaimana para pelaku usaha merambah dunia digital untuk meraih omset besar. Bertempat di Restoran Ayem Tentrem, Beloran, Sragen para peserta yang berasal dari Himpunan Pengusama Muda Indonesia (HIPMI), pengrajin batik serta gabungan UKM diwilayah Sragen sangat antusias untuk menggali ilmu dari kedua narasumber.

Kepala Cabang Utama JNE Solo, Bambang Widiatmoko, berkesempatan memaparkan pengembangan untuk mendukung UMKM karena beragam inovasi produk layanan dan program dari JNE sangat bermanfaat bagi UKM dalam menjalankan bisnis online, salah satunya fungsi mobile apps MyJNE untuk mengetahui estimasi waktu serta status pengiriman secara detil mau pun informasi lokasi titik layanan terdekat. 

Begitu juga dengan PESONA (Pesanan Oleh -Oleh Nusantara) yang bekerjasama dengan lebih dari 600 produsen makanan khas daerah dan dapat dipesan melalui mobile apps Pesona Nusantara Online. Selain itu, JNE juga menyediakan layanan JNE International Shipment sehingga pelanggan dapat mengirim paket ke lebih dari 250 negara serta JTR (JNE Trucking) yang saat ini beroperasi untuk wilayah Sumatera, Jawa sampai dengan Bali untuk membantu distribusi paket berukuran besar serta tidak terkendala aturan penerbangan.

Bambang Widiatmoko menyampaikan “UMKM memiliki peran yang cukup penting dalam pertumbuhan perekonomian nasional, memasuki era digital UMKM di Sragen juga harus mulai familiar dengan pemasaran online sehingga dapat mengikuti perkembangan teknologi, disini JNE berperan aktif dengan menghadirkan narasumber dan praktisi guna memberikan edukasi dan strategi berjualan secara online bagi UMKM”. 

Acara tersebut juga dihadiri oleh jajaran pemerintah Kabupaten Sragen yaitu Martani selaku Kasubid Ekonomi Bidang Pemerintahan Ekonomi Sosial dan Budaya serta Sudasno Trisarjito yang merupakan Kasi Fasilitasi Mikro Dinas Koperasi dan UKM. Keduanya mengapresiasi JNE yang telah menyelenggarakan kegiatan bagi UKM di Sragen ini.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.