Pekerja Pertamina Jadi Guru SD


Jadi Guru – Sebarkan Semangat Jujur Tulus Amanah melalui Program Pertamina Energi Negeri 2, Ratusan  Pekerja Pertamina Jadi Guru SD di 9 Kota
SEMARANG – Ratusan Pekerja Pertamina kembali menyebarkan semangat positif bagi anak-anak Sekolah Dasar di 9 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Selama satu hari, para pekerja meluangkan waktu untuk berpartisipasi bagi dunia pendidikan Sekolah Dasar di tanah air melalui aktivitas berbagi pengetahuan yang menarik dan menyenangkan.
Kegiatan mengajar ini merupakan tahun ke- dua yang dikemas melalui program Pertamina Energi  Negeri 2 yang melibatkan 562 dari Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Unit Operasi dan Anak perusahaan dari berbagai tingkat jabatan. Pertamina Energi Negeri 2 yang berlangsung tanggal 8 Mei nanti merupakan gelombang kedua program ini yang sebelumnya pada gelombang pertama dilangsungkan pada tanggal 17 April di Aceh.
Pertamina Energi Negeri 2 gelombang kedua pada tanggal 8 Mei 2017 ini dilangsungkan di 9 lokasi operasional pertamina yakni  Palembang, Jakarta, Indramayu , Surabaya, Semarang, Balikpapan, Makassar, Jayapura, dan Sorong. 
PJS Area Manager Communication & Relation PT Pertamina (Persero) Area Jawa Bagian Tengah Muslim Dharmawan mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk menginspirasi generasi muda Indonesia, sekaligus memperkenalkan dunia energi yang terefleksi dari Pertamina sebagai perusahaan energi nasional Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkenalkan para relawan akan kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan Indonesia. 
“Program ini merupakan agenda tahunan pekerja Pertamina sebagai bentuk kontribusi langsung kepada masyarakat untuk berbagi pengetahuan, mengenal profesi, menanamkan budi pekerti serta budaya safety yang disampaikan dengan cara menarik dan menyenangkan.  Program ini kami rasa baik untuk ditularkan kepada generasi penerus bangsa agar menjadi generasi yang Jujur, Tulus dan Amanah di masa depan.”, jelas Muslim.
Adapun sekolah yang menjadi sasaran adalah yang berada di sekitar wilayah kerja Pertamina, dan difokuskan pada sekolah dengan latar belakang ekonomi pra-sejahtera, ataupun sekolah dengan latar kategori dibawah Sekolah Standar Nasinal (SSN).
Kegiatan Pertamina Energi Negeri 2 khususnya di wilayah operasional JBT dilangsungkan di Semarang dan Magelang. Adapun diadakan di lima Sekolah Dasar yakni, SDN Kemijen 1 Semarang, SDN Kemijen 2 Semarang, SDN Kalibanteng Kulon 1 Semarang, SDN Sekayu Semarang, dan MI Ma’arif Wringinputih Magelang. 
Pertamina Energi Negeri merupakan sebuah ajakan kepada setiap pekerja Pertamina dan Anak Perusahaan untuk bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan sebagai wujud ikut serta dalam kemajuan Pendidikan Indonesia serta menumbuhkan kecintaan terhadap Indonesia. Kegiatan sukarela ini diinisiasi secara murni oleh pekerja-pekerja Pertamina.
“Sebelum terjun langsung dalam kegiatan belajar mengajar, seluruh relawan Pertamina Energi Negeri telah diberikan pembekalan oleh beberapa narasumber mengenai berbagai topik, seperti Product Knowledge, Public Speaking, dan pemahanan  lainnya yang diperlukan selama pelaksanaan kegiatan agar kegiatan ini dapat berlangsung dengan optimal. ”, imbuh Muslim.
“Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama sehingga masyarakat dan pemerintah harus beriringan untuk meningkatkan mutu pendidikan bangsa. Pertamina merasa bangga dapat mengambil bagian dalam memajukan dunia pendidikanmelalui kegiatan ini. Selain itu, kegiatan ini ditunjukkan sebagai bentuk kepedulian pekerja Pertamina terhadap pengembangan aspek sikap dan perilaku serta tindakan (budaya) anak-anak usia pendidikan dasar, sekaligus melakukan aktivitas bermanfaat diluar jam kerjanya,” tambah Muslim.
“Demi mendukung peningkatan pendidikan di sekolah, kami memberikan bantuan pendidikan berupa 3 set perlengkapan multimedia berupa pc, layar dan proyektor agar guru disini dapat meningkatkan model pembelajaran di sekolah untuk lebih interaktif kedepannya dengan siswa”, tutup Muslim.(aln)