Bank Mandiri Siapkan Uang Rp4,5 Triliun

Bank Mandiri Siapkan Uang Rp4,5 Triliun

64
0
SHARE

SEMARANG- Bank Mandiri telah menyiapkan ketersediaan uang kartal sebanyak Rp4,5 triliun dalam menghadapi Ramadan dan Lebaran. Uang tersebut disiapkan di seluruh kantor cabang Bank Mandiri di seluruh Jateng-DIY.

CEO Bank Mandiri Region VII/Jawa 2, Maqin U. Nurhadi mengatakan, ketersediaan uang tersebut meningkat 15% dibandingkan momentum sama tahun lalu. Adapun dana sebesar Rp4,5 triliun akan digunakan untuk kebutuhan ATM di seluruh Jateng-DIY, termasuk di dalamnya uang emisi baru.

“Kami menyiapkan uang emisi baru untuk kebutuhan masyarakat sebesart Rp421 miliar,” katanya.


Menurutnya, penyiapan dana tersebut untuk memback up peningkatan permintaan uang kartal yang rutin terjadi setiap tahunnya. Hal tersebut juga berkaca pada kondisi perekonomian nasional yang semakin membaik.

“Kami memperkirakan akan terjadi permintaan uang kartal hingga 15% dibandingkan tahun lalu,” ungkapnya.

Persediaan atau stok uang kartal akan didistribusikan melalui kantor-kantor cabang dan kantor pelayanan, maupun Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Saat ini, Bank Mandiri di Jateng-DIY memiliki 123 kantor cabang dan 1.445 jaringan ATM Bank Mandiri. 

“Selain itu, ada 59 lokasi Cash Deposit Machine (CDM) dan 4 lokasi ATM Drive Thru,” ujarnya.

Ditambahkan, ‎Bank Mandiri juga menyiapkan Mandiri Mobile (Mamo) sebanyak 6 unit di Jateng-DIY. Mamo tersebut akan mobile menuju ke titik-titik strategis untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan nasabah Bank Mandiri, termasuk penukaran uang.

Terkait pembukaan layanan penukaran uang baru secara bergerak, Maqin mengakui, jika hal tersebut merupakan bagian dari antisipasi permintaan masyarakat untuk keperluan Lebaran. Pasalnya, sudah menjadi tradisi masyarakat untuk memberi uang kepada sanak saudara dengan uang baru saat Lebaran.

“Jadi nanti ada 9 lokasi Mandiri Mobile yang kami tempatkan di Semarang, Solo, Pekalongan, Kudus, Yogyakarta, Purwokerto, dan lainnya, dengan ratai3ata ketersediaan uang sebanyak Rp750 juta,” terangnya.

Sementara, selain membantu masyarakat memenuhi kebutuhan keuangan di bulan Ramada Lebaran, Bank Mandiri juga akan menggelar Mandiri Great Sale 2017. Program ini berlaku di Jateng-DIY selama Ramadan hingga H+15 Lebaran, yang bekerjasama dengan 280 merchant.

“Program Mandiri Great Sale ini menjadi agenda rutin Bank Mandiri setiap tahun, dan kali ini ada 280 merchant kerjasama baik dari ritel, elektronik, HP, otomotif, kuliner, hotel, grosir, pariwisata, dan lain-lain,” jelasnya.

Melalui program tersebut akan diberikan beragam penawaran menarik, mulai dari diskon sampai 50%, cashback, program cicilan, voucher, hadiah, fiesta point, dan lain-lain. Program tersebut dapat diakses oleh nasabah Bank Mandiri baik debit maupun kartu kredit di seluruh Jateng-DIY.

“Target transaksi dari program ini sebanyak Rp100 miliar,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY