​PLN Himbau Tidak Terbangkan Balon Dekat Jaringan Listrik

0
1099

WONOSOBO – PLN berhasil melakukan penormalan kembali aliran listrik setelah sebelumnya padam beberapa saat karena adanya balon udara atau balon asap berukuran besar yang jatuh mengenai jaringan PLN di daerah Wonosobo, Jawa Tengah.
“Ada satu balon udara yang jatuh tepat di atas jaringan kabel listrik PLN di wilayah Wadaslintang, Wonosobo, Jawa Tengah, sehingga terjadi korsleting dan aliran listrik terputus beberapa saat, namun sudah dapat dinormalkan kembali” kata Deputi Manajer Komunikasi Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Tengah & DIY, Hardian Sakti.
Herdian Sakti menambahkan bahwa akan berbahaya jika balon udara yang dilepaskan tidak bisa terbang sempurna karena bisa jatuh menimpa jaringan listrik dan menimbulkan hubungan arus pendek, serta pemadaman listrik.
“Kejadian seperti ini bukanlah kali pertama dan telah terjadi beberapa kali di beberapa wilayah sehingga kami menghimbau masyarakat untuk tidak menerbangkan balon udara di sekitar jaringan listrik.” katanya.
Hardian juga menjelaskan bahwa potensi gangguan  dapat terjadi hingga jaringan tegangan ekstra tinggi karena jaringan listrik yang melintasi wilayah Jawa Tengah & DIY, terdiri atas jaringan tegangan menengah, tinggi, dan ekstra tinggi.
PLN Distribusi Jawa Tengah & DIY sebenarnya telah melakukan beberapa langkah terkait himbauan mengenai pelepasan balon udara yang seringkali menyebabkan listrik padam, diantaranya melalui tokoh masyarakat dan radio-radio setempat.
“Kami berharap pada tokoh masyarakat bisa menyampaikan bahaya tersebut kepada khalayak umum. Dampak menaikkan balon ke udara lebih banyak negatifnya daripada positifnya,” lanjutnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here