Bayar BRT Bisa Pakai T-CASH‎ Lhoo…..

0
190

TRANSAKSI T-CASH- Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, tengah melakukan uji coba transaksi penggunaan T-CASH untuk pembayaran BRT. Foto : ANING KARINDRA






SEMARANG- Terobosan baru pemanfaatan layanan transaksi non tunai dilakukan oleh Telkomsel melalui T-CASHnya. Kali ini, Telkomsel bekerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang memberikan kemudahan manfaat penggunaan T-CASH untuk pembayaran Bus Rapid Transit (BRT).

Kerjasama pembayaran tiket BRT Semarang menggunakan layanan TCASH Pass ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Vice President Sales & Marketing Telkomsel Area Jawa Bali, Ericson Sibagariang, dan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, dalam acara peluncuran TCASH – BRT Semarang di Balai Kota Semarang.


 
Direktur Sales Telkomsel, Sukardi Silalahi yang turut menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman tersebut mengatakan, fitur pass dalam layanan TCASH sengaja dihadirkan dalam upaya mempercepat pengembangan konsep Smart City. Hal ini sekaligus merupakan wujud dukungan dalam membangun Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan pemerintah melalui digitalisasi pembayaran layanan transportasi.


 
“TCASH mengembangkan fitur TCASH Pass untuk menjawab kebutuhan digitalisasi pembayaran di sektor transportasi yang bersifat cepat dan berulang. Implementasi teknologi ini memungkinkan transaksi di terminal pembayaran dengan mudah dan cepat tanpa perlu melakukan otorisasi PIN,” katanya.


 
Dijelaskan, untuk memperoleh kemudahan layanan ini, pelanggan Telkomsel yang aktif menggunakan layanan TCASH dapat dengan mudah mengaktifkan fitur TCASH Pass pada sticker near-field communication (NFC) TCASH yang tersedia di pusat pelayanan transportasi khususnya di halte BRT Balai Kota Semarang dan GraPARI Semarang. Setelah aktivasi layanan TCASH TAP dan fitur Pass, pelanggan dapat mengalokasikan saldo untuk layanan TCASH Pass.


 
“Transaksi TCASH di dalam BRT Semarang dapat langsung dilakukan di dalam bus dengan cara melakukan tap atau menempelkan sticker NFC TCASH ke terminal pembayaran BRT Semarang yang dibawa oleh petugas. Pelanggan dikenakan sesuai dengan tarif yang berlaku, yakni Rp 3.500 untuk umum dan Rp 1.000 untuk pelajar,” imbuhnya.



Guna menunjang kemudahan akses layanan TCASH, lanjutnya, Telkomsel juga menyediakan akses khusus aktivasi layanan TCASH untuk Kota Semarang melalui menu akses *800*024#.



Walikota Semarang, Hendrar Prihadi menuturkan, kerjasama ini penting bagi peningkatan pelayanan BRT Trans Semarang. Apalagi mengingat saat ini Telkomsel merupakan operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia. 



“Harapannya sinergitas antara Pemerintah Kota Semarang dan Telkomsel melalui layanan TCASH ini mampu meningkatkan kecepatan pelayanan Trans Semarang,” tegas Hendi, sapaan akrab Walikota Semarang.



Dan selain itu, tambah Hendi, pihaknya yakin sebagian besar pengguna Trans Semarang akan sangat menyambut baik inovasi ini. Pasalnya, sebagai operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia, maka mayoritas pengguna Trans Semarang yang merupakan pelanggan Telkomsel akan sangat dimudahkan dengan berjalannya sistem ini.



Sementara, dalam acara peluncuran tersebut turut hadir adalah Senior Vice President Mobile Financial Service Telkomsel, Danu Wicaksana. Danu menyampaikan, kerjasama TCASH Pass dengan Bus Trans Semarang merupakan langkah pertama Telkomsel untuk masuk ke sektor transportasi umum. Fitur ini sengaja dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang ingin menggunakan TCASH sebagai alat pembayaran di dalam kehidupan mereka sehari-hari.



“Kami juga berharap TCASH Pass dapat semakin memudahkan keseharian masyarakat Semarang menjadi masyarakat digital di tengah-tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat ini,” tandasnya.
 


Dalam acara peluncuran layanan TCASH dan BRT Semarang, selain dapat berkenalan dengan layanan TCASH Pass di BRT Semarang, masyarakat dapat juga merasakan pengalaman bertansaksi menggunakan layanan TCASH untuk menikmati aneka sajian kuliner. Masih dalam rangkaian perayaan HUT RI ke-72, seluruh menu makanan dan minuman pada acara peluncuran dipasarkan dengan harga spesial Rp 72.


 
Kerjasama antara Telkomsel dan Pemerintah Kota Semarang ke depannya akan dikembangkan melalui implementasi pembayaran non tunai di berbagai sarana umum lainnya, di antaranya retribusi sampah, biaya administrasi pemerintahan, dan sebagainya. Saat ini lebih dari 12 juta pelanggan Telkomsel telah menikmati layanan TCASH di seluruh Indonesia. 



“Telkomsel secara konsisten mengembangkan ekosistem layanan keuangan digital dengan menggandeng berbagai pihak untuk mendukung upaya pemerintah dalam membangun Gerakan Nasional Non Tunai dan mempercepat keuangan inklusif bagi masyarakat Indonesia,” pungkasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here