BPJS Ketenagakerjaan Luncurkan Layanan Drive Thru 


SEMARANG- Bersamaan dengan momentum Hari Pelanggan Nasional 2017, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda memperkenalkan inovasi layanan terbarunya. Kali ini, untuk memberikan kemudahan kepada para peserta, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang meluncurkan satu unit mobil layanan ‘Drive Thru’.



Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Semarang Pemuda, Pepen S. Almas mengatakan, Layanan Drive Thru ini merupakan inovasi baru dilingkungan BPJS Ketenagakerjaan, yang sengaja diberikan untuk peserta dalam melakukan pengecekan saldo, cetak kuitansi dan cek status aktif / nonaktif. Dengan begitu, peserta tidak perlu mengantri di dalam kantor.



“Untuk layanan pengecekan status peserta maupun saldo, peserta tidak harus antri di kantor, tapi cukup melalui Drive Thru, tanpa harus turun dari kendaraan atau memakirkan kendaraannya terlebih dahulu,” katanya, disela Perayaan Hari Pelangan Nasional, di kantornya.



Menurutnya, untuk tahap awal baru tersedia satu unit mobil layanan yang akan ditempatkan secara mobile. Layanan ‘Drive Thru’ pada jam kerja akan ditempatkan di halaman kantor cabang Semarang Pemuda, dan pada waktu-waktu tertentu akan mendekat ke titik-titik kumpul tenaga kerja.



“Nanti bisa saja layanan ‘Drive Thru’ ini datang ke pabrik-pabrik, sehingga para tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa lebih dekat dan mudah memanfaatkan layanan tersebut,” ungkapnya.



Diakuinya, inovasi Layanan ‘Drive Thru’ ini akan terus dievaluasi keefektifannya. Layanan tersebut sengaja diluncurkan bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional sekaligus sebagai apresiasi kepada pelanggan.



“Kami berharap inovasi baru ini bisa dimanfaatkan secara optimal dan akan terus kami kembangkan mengikuti kebutuhan,” jelasnya.



Salah satu pengguna layanan ‘Drive Thru’, Andi (46) saat ditemui Jateng Pos merasa terbantu dengan layanan tersebut. Pasalnya, segala sesuatu  menjadi lebih cepat dan efesien.



“Saya sangat terbantu dengan adanya layanan ini, karena segala sesuatu jadi cepat dan efesien. Saya tidak perlu pusing-pusing cari tempat parkir, tapi bisa langsung dilayani tanpa harus turun dari motor,” ujar Andi yang memanfaatkan Layanan ‘Drive Thru’ untuk melakukan pengecekan saldo.



Sementara, pada perayaan Hari Pelanggan Nasional Tahun ini, selain ‘Drive Thru’,  BPJS Ketenagakerjaan Semarang Pemuda juga memeriahkan dengan berbagai macam hiburan yang seru dan tema tema kostum karyawan yang berbeda setiap harinya, sejak tanggal 4-6 September 2017.


Sejak hari pertama, karyawan BPJS Ketenagakerjaan Semarang Pemuda menggunakan kostum jasa konstruksi, dengan atribut pakaian proyek. Selanjutnya, hari kedua menggunakan kostum pelayanan kesehatan, seperti baju dokter, perawat, dan dokter bedah. 


“Pada hari ketiga ini karyawan menggunakan kostum Semarangan dalam melayani peserta, sekaligus menunjukkan identitas Kota Semarang, seperti Denok Kenang, Lakon Pewayangan yaitu Semar, serta tarian Wareg Endok yang dilakukan oleh karyawan BPJS Ketenagakerjaan Semarang Pemuda,” terangnya.



Selain kostum unik tersebut, peserta yang hadir juga dimanjakan dengan hiburan live musik, diberikan snack ringan, diajarkan cara menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile, photobooth untuk berselfie, flashmob yang diikuti seluruh peserta yang hadir dikantor BPJS Ketenagakerjaan, serta kuis yang berhadiah souvenir- souvenir lucu seperti Mug, Jam dinding dandoorprize 1 unit Sepeda. Selain hiburan, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Cabang Semarang Pemuda juga melakukan kunjungan ke perusahaan-perusahaan yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, serta kunjungan ke pasien kecelakaan kerja di rumah sakit kota Semarang.



“Kegiatan dan layanan ini kami berikan dengan total dan prima untuk senyum puas pelanggan para peserta hingga stakeholder yang sudah berkontribusi dan sadar akan pentingnya jaminan sosial,” tandasnya.(aln)