Batal Terbang,Penumpang Refund Tiket


REFUND TIKET- Seorang penumpang Wings Air jurusan Semarang-Denpasar, mengembalikan tiket pesawatnya terkait pembatalan penerbangan sebagai dampak meletusnya Gunung Agung di Bali. FOTO : ANING KARINDRA



SEMARANG- Sejumlah penumpang pesawat Garuda Indonesia dan Wings Air rute Semarang-Denpasar, ramai-ramai mengembalikan tiket (refund) di kantor kedua maskapai tersebut yang ada di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Hal tersebut menyusul penutupan Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar sejak Minggu (27/11) hingga Rabu (28/11), terkait meletusnya Gunung Agung.



Penutupan bandara dari pihak otoritas penerbangan Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar dilakukan berdasarkan hasil rapat koordinasi di lingkungan bandara, karena udara di sekeliling Bali masih diselimuti abu vulkanik letusan Gunung Agung.



Salah satu penumpang pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 447 yang sedianya berangkat pukul 14.15 WIB, Sela (36), warga Semarang, langsung melakukan refund di customer service (CS) Garuda Indonesia, pada Selasa (28/11). Sela pun terpaksa menunda perjalanannya ke Bali karena faktor alam yang tidak memungkinkan.



“Awalnya saya bersama keluarga akan liburan ke Bali dan sudah memesan tiket jauh-jauh hari,” katanya, ditemui di CS Garuda Indonesia, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.


– BATAL TERBANG- Pesawat Wings Air jurusan Semarang-Denpasar, terparkir di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, karena batal terbang sebagai dampak meletusnya Gunung Agung di Bali. FOTO : ANING KARINDRA


Menurutnya, pengembalian tiket diberikan secara penuh 100%. Sela pun menyadari perjalanannya ke Bali terpaksa ditunda sampai kondisi dinyatakan aman.



Dihubungi via telepon, Chief Station Handling Lion Air Semarang, Arie Setiarto menyatakan, maskapainya menawarkan refund penuh bagi penumpang yang batal berangkat menggunakan pesawat Wings Air. Namun demikian, pihaknya juga tetap menawarkan reschedule bagi calon penumpang yang tetap ingin berangkat ke Bali di hari berikutnya.



“Refund dari calon penumpang yang terlanjur beli tiket kami layani, dan dikembalikan 100%, baik di tempat pembelian, agen maupun pembelian secara online. Kami tetap melayani refund hingga tiga bulan ke depan,” ujarnya.



Terpisah, Kepala Pelayanan Umum Bandara Ahmad Yani Semarang, Dimyati menambahkan, pihaknya terus memantau aktivitas di dua kantor CS maskapai Lion Air dan Garuda Indonesia. Namun, sampai saat ini keadaan di kedua kantor tersebut masih berjalan lancar dan normal.



Terkait dengan pengembalian tiket atau refund dari calon penumpang, jelas Dimyati, tetap terlayani dengan baik.



“Alhamdulillah, tidak ada kendala di kedua kantor CS itu. Calon penumpang sudah mengerti, karena itu adalah faktor alam,” jelasnya.



Lebih lanjut Dimyati menjelaskan, saat ini pergerakan abu vulkanik Gunung Agung sesuai informasi dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali pada ketinggian 30.000 kaki, bergerak ke arah selatan-barat daya dengan kecepatan 5-10 knots.(aln)