PLN Siaga, Amankan Pasokan Listrik

CEK PERALATAN- Petugas PLN tengah mengecek peralatan dalam gelar pasukan PLN menghadapi Natal dan Tahun Baru 2018, di Gudang PLN Krapyak Semarang. FOTO : ANING KARINDRA


SEMARANG- PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY menyiagakan pasukan dalam rangka menjaga suplai dan keandalan listrik menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018. Kegiatan bertajuk “Gelar Pasukan dan Peralatan” yang dilaksanakan PLN Area Semarang ini mengambil tempat di lapangan dekat Gardu Induk listrik PLN Krapyak, Semarang.




Kegiatan ini juga serempak dilaksanakan oleh PLN Area lainnya se-Jateng dan DIY, dengan jumlah total 3.381 personil, yang terdiri dari Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), Pelayanan Teknik (Yantek), dan Pemeliharaan Gardu Induk.




Di Area Surakarta misalnya, gelaran serupa berlangsung di Halaman Kantor PLN Area Surakarta dengan turut menghadirkan Wakapolres Surakarta Kota. Diharapkan PLN dengan pihak Kepolisian dapat bahu membahu dalam menjaga kondusifitas selama Natal dan Tahun Baru.




Deputi Manajer Operasi Distribusi sebagai PLH Manajer Distribusi PT PLN (Persero) Distribusi Jateng dan DIY, Abdul Haris mengatakan, gelar personil dan peralatan ini sebagai bentuk kesiapsiagaan PLN dalam mengamankan jaringan listrik selama berlangsungnya perayaan Natal dan Tahun Baru 2018. Di samping itu, PLN juga mempersiapkan 325 mobil pelayanan teknik, 23 mobil PDKB, 69 motor Unit Reaksi Cepat (URC).




“Dalam setiap pekerjaan kami selalu memperhatikan aspek keselamatan, untuk itu kami menekankan petugas untuk memperhatikan kelengkapan Alat Pelindung Diri dan patuh terhadap SOP serta tidak lupa untuk berdoa sebelum memulai pekerjaan,” katanya.




Dijelaskan, menjelang Natal dan Tahun Baru, PLN akan memprioritaskan pengamanan di tempat ibadah Gereja dan tempat wisata. Selain dari sisi kesiagaan personil, ketersediaan pasokan listrik di Jawa Tengah dan DIY diperkirakan aman.




“Menjelang Natal dan Tahun Baru tidak ada masalah terkait pasokan listrik. Untuk saat ini cadangan listrik di Jawa Tengah dan DIY tersedia sebesar 648 MW,” jelasnya.




Haris memperkirakan pada saat Natal dan Tahun Baru rata-rata beban puncak listrik sebesar 3.270 MW pada siang hari dan 3.728 MW pada malam hari.




“Untuk masalah pasokan listrik saya kira sudah tidak ada kendala, dari segi kemanan jaringan tim kami sudah siap apabila terjadi gangguan,”

tutup Haris.




Sementara, selain Tim PDKB dan Pelayanan Teknik, layanan Contact Center PLN 123 juga tetap siaga 24 jam melayani pelanggan selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Apabila ada masalah terkait gangguan listrik dan pengaduan lain, pelanggan dapat menghubungi telepon 123, handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123 dan email pln123@pln.co.id.(aln)