All New Rush, Suguhkan Kenyamanan Berkendaraan

0
212

ALL NEW RUSH- Model berpose dengan produk terbaru Toyota, ‘All New Rush’, di sela jurnalis test drive di Ungarang. FOTO : ANING KARINDRA



BERSAMA beberapa jurnalis otomotif Semarang, Rabu pagi, Jateng Pos berkesempatan menjajal perfoma ‘All New Rush’. Mobil besutan Toyota yang sudah dilaunching sejak November 2017 dicoba dengan mengambil rute Nasmoco Kaligawe – Rest Area Tol Ungaran – Kampung Rawa – The Wujil – Nasmoco Kaligawe.




Sebelum ‘Jurnalis Test Drive All New Rush’ berlangsung, Jateng Pos berusaha melihat tampilan eksteriornya terlebih dulu.  Produk SUV ini terlihat gagah, tangguh dan stylish, mulai dari kap mesin, body mobil sporty dan tangguh, desain lampu yang menarik dengan LED, serta grill menggunakan warna black piano yang membuat gagah di semua tipe All New Rush.




Kali ini, dari 4 tipe yang ada, Tipe G manual dan matic, serta TRD manual dan matic, Jateng Pos mendapat bagian menjajal ‘All New Rush TRD Matic’, sebagai tipe tertinggi dari produk baru ini. Bersama 4 orang lainnya, kami segera memacu laju kendaraan sesuai rute.




Mobil 1500 cc dengan dual VVTi ini nampak tenang meski gas dipacu hingga kecepatan tinggi, karena ada stabilizier di depan dan belakang, sehingga membuat kendaraan lebih stabil. Belum lagi ada VSC (Vehicle Stability Control) yang berfungsi menstabilkan kendaraan saat membelok di kecepatan tinggi. Ini berpadu dengan ABS, dimana saat mobil mengerem mendadak, roda tidak terkunci dan setir bisa dikendalikan.




Saat menemui tanjakan, mobil yang terpaksa harus berhenti lantaran ada iring-iringan mobil lain, All New Rush yang kami tunggangi tak mundur dan menggelondor sedikit pun, meski gas dan rem dilepaskan.




“Ini tak terlepas dari adanya HSA (Hill Start Assist), yang berfungsi mencegah mobil mundur di posisi tanjakan saat gas dan rem dilepas, sehingga lebih aman, dimana fitur ini juga ada di semua tipe All New Rush,” kata M. Fauzi, Trainer Product Knowledge Nasmoco Group.




Untuk sistem keamanan lainnya, rem All New Rush memakai ventilasi disc brake yang membuat pengereman lebih stabil, tidak gampang panas. Bahkan ada tambahan EBD (Electronic Breakforce Distribution), yang membagi pengereman tergantung beban kendaraan.




“Untuk sistem keamanan, All New Rush ini memang tak perlu diragukan lagi. Terlebih, ada 6 unit air bag yang bakal melindungi para penumpangnya, terletak di dasboard, setir, 2 kursi depan dan 2 di tengah (air bag tirai). Sabuk pengaman pun ada 7 unit, sehingga masing-masing penumpang bisa menggunakannya,” terang Fauzi.




Selama perjalanan, kami pun banyak menikmati suguhan interior dari ‘All New Rush’. Dengan kursi yang lega, dilengkapi AC dengan sistem otomatis dan digital, yang mampu menyesuaikan kondisi udara di dalam dengan luar mobil, makin membuat nyaman berada di dalam mobil.




“Untuk audio sendiri, khusus di tipe TRD memiliki aplikasi weblink yang bisa berkonfigurasi dengan smartphone yang kita miliki, tanpa menggunakan kabel khusus. Ada pula tombol angkat telpon yang membantu pengemudi tetap terhubung dengan smartphonenya dengan lebih aman,” lanjut Fauzi.




Adapun di bagian meter kombinasi kini lebih komplit, dimana pada tipe TRD dilengkapi MID yang bisa menampilkan konsumsi bahan bakar, rata-rata konsumsi, dan range waktu berapa lama mesin hidup. Begitu pun ada optriton yang memberikan pencahayaan lembut bagi driver, sehingga tidak silau.




“Jadi, Toyota All New Rush ini sangat cocok bagi kita yang membutuhkan mobil dengan performa yang mumpuni, nyaman, hemat energi, dan tentu sangat aman,” ungkap Fauzi.




Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto mengatakan, dengan beragam keunggulan yang dimiliki All New Rush, maka tak heran jika produk tersebut banyak diminati konsumen dan menjadi mobil kekinian ‘jaman now’. Terbukti, sejak diluncurkan pertengahan November 2017, pemesanan All New Rush sudah mencapai 350 unit di Jateng-DIY.




“Indent All New Rush sudah 350 unit. Adapun unit baru mulai distribusi pada akhir Januari ini secara bertahap, karena alokasi pasokan dari pusat baru 200 unit, dan sisanya menyusul bulan depan,” ujar Fatrijanto.




Sementara, untuk harga produk dibandrol mulai Rp249,3 juta untuk tipe terendah, dan Rp269,3 juta untuk tipe tertinggi di Jateng-DIY.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.