Pantang Libur, Atasi Gangguan Listrik 24 Jam

SEMARANG – Kinerja petugas PLN Area Pelaksana Pemeliharaan Salatiga patut diacungi jempol. Demi tugas dan tanggung jawabnya, mereka pantang mengenal libur dalam menjaga keandalan listrik para pelanggannya.

Seperti halnya yang terjadi pada Minggu kemarin. Penghantar Jajar – Gondangrejo antara tower nomor 20 dan 21, pada pukul 18:08 WIB mengalami gangguan.

Fenomena tersebut telah membuat terhentinya pasokan listrik sebesar 213 MW untuk sebagian daerah di Surakarta, Sukoharjo dan Wonogiri. Namun begitu, berkat kesiapsiagaan petugas di Area Pelaksana Pemeliharaan Salatiga, gangguan tersebut dapat segera teratasi.

Humas PLN Area Pengatur Distribusi Jateng & DIY, Fathurokhman mengatakan, keterampilan petugas dalam bekerja telah menjadikan recovery gangguan berjalan cepat, lancar, dan aman. Bahkan, hanya dalam waktu sekitar 4 jam, listrik di lokasi terdampak sudah mulai normal.

“Dari kejadian sekitar pukul 18:08 WIB, pada pukul 22:10 WIB aliran listrik berhasil dinormalkan kembali,” kata Fathurokhman.

Menurutnya, dalam penanganan gangguan, PLN pun telah memiliki petugas dispatcher yang memantau secara realtime kondisi kelistrikan di Jawa Tengah – DIY. Dengan begitu, saat peristiwa terjadi langsung dapat terdeteksi, dan petugas PLN APP Salatiga langsung sigap terjun ke lapangan untuk memulihkan kondisi.

“Kepada masyarakat atau pelanggan yang mengalami kejadian ini, kami pun dari PLN mohon maaf Atas ketidaknyamanannya,” tegas Fathurokhman.

Diinformasikan, bagi pelanggan yang mengalami gangguan listrik, dapat menghubungi Contact Center 123. (aln)