Jiwasraya, RNI dan Hotel Indonesia Gelar Siswa Mengenal Nusantara

0
78

DENPASAR – Sebagai upaya menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada generasi muda, PT Asuransi Jiwasraya (Persero), berkolaborasi dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI), dan PT Hotel Indonesia Natour (Persero) (HIN) menggelar program pertukaran pelajar atau yang dikenal dengan Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Kegiatan yang kini telah memasuki tahun ke-4 tersebut merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang digagas oleh Kementerian BUMNserta bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa.

Jiwasraya bersama RNI dan HIN akan menggelar program SMN di Bali hingga 20 Agustus mendatang. Rangkaian acara diawali dengan prosesi Pelepasan 23 Siswa Peserta SMN Bali ke Kalimantan Timur (Kaltim) Penerimaan 23 Siswa Peserta SMN asal Kaltim oleh Pemerintah Provinsi Bali pada 13 Agustus 2018, bertempat di Kantor Gubernur Bali, Denpasar, yang dihadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekda Provinsi Bali I Dewa Putu Sunartha, Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Danang Suryono, Direktur Pengembangan dan Investasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) Djoko Retnadi, Direktur Keuangan PT Hotel Indonesia Natour (Persero) Andy Fahril Manvaludhi, serta para Pimpinan BUMN di Bali.

“Konsep acara SMN adalah pertukaran pelajar antar provinsi. Pada tahun ini Bali akan bertujar pelajar dengan Kaltim. Siswa peserta SMN akan melakukan berbagai kegiatan positif di provinsi tujuan,” ujar Kepala Bagian Komunikasi Korporat Jiwasraya Wiwik Prihatini.

Dalam pelaksanaannya, menurut Wiwik, para siswa akan diajak untuk mengenal sejarah dan kebudayaan setempat. Siswa Kaltim akan mendapat pelatihan kepemimpinan melalui acara Dua Hari Bersama TNI, pengenalan sosial budaya di Puri Agung Blahbatuh, Gianyar, mengunjungi Pusat Konservasi Pelestarian Burung Kokokan di Petulu, serta pelepasan penyu di kawasan Serangan, Denpasar dan berkunjung ke Istana Tampak Siring, Gianyar. Termasuk para peserta juga akan mengikuti upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI bersama jajaran BUMN hingga mengikuti jalan sehat bersama sekitar 2.500 karyawan BUMN di Bali.

Lebih lanjut Wiwik menjelaskan, Peserta SMN adalah para siswa yang telah lolos seleksi dimana 3 diantaranya adalah siswa yang berkebutuhan khusus (disabilitas). Selain itu, turut serta 3 Pendamping yang terdiri dari Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi, perwakilan Guru Teladan, dan Guru Pendamping SLB.

Sementara itu, menurut Asisten II Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekda Provinsi Bali I Dewa Putu Sunartha saat membuka acara SMN mengatakan, Pemerintah Provinsi sangat mengapresiasi acara ini, karena dapat menjadi wahana untuk transfer budaya dan ilmu pengetahuan, sehingga akan mempererat rasa persaudaraan. “Apalagi, masa depan bangsa ini terletak pada pundak generasi muda,” ujarnya.
Ia berharap para peserta dapat lebih mengenal seluk-beluk kehidupan sosial budaya di daerah tujuan. Dengan mengetahui keanekaragaman di Nusantara, diharapkan bisa memupuk rasa kebanggaan untuk bernegara, berbangsa dan bertanah air.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan Jiwasraya Danang Suryono mengatakan, melalui kegiatan Siswa Mengenal Nusantara, pihaknya ingin menanamkan rasa cinta Tanah Air, rasa kebangsaan, edukasi, serta pengenalan terhadap BUMN. “Kami ingin mendidik adik-adik ini yang menjadi generasi penerus di masa datang,” ujarnya.

Adapun, SMN merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang digagas oleh Kementerian BUMN, bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air, meningkatkan wawasan siswa dalam bidang pendidikan, sosial budaya, mengenai BUMN, kewirausahaan dan wawasan kebangsaan.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.