Perayaan Unik di Desa Wisata Binaan BCA

0
85

SEMARANG – Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2018, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali hadir di tengah masyarakat dengan berbagi kebahagiaan bersama masyarakat luas melalui rangkaian kegiatan Gebyar Kemerdekaan HUT Republik Indonesia di Desa Wisata Binaan BCA. Melalui program Bakti BCA, sederetan perayaan ini diadakan di enam desa berbeda, antara lain Desa Bukit Peramun Belitung, Desa Wukirsari Yogyakarta, Desa Pentingsari Yogyakarta, Desa Terong Belitung, Desa Gemah Sumilir Pekalongan, Desa Wirawisata Goa Pindul Yogyakarta.

“Inisiatif ini kami lakukan guna merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-73, dimana sebagai institusi yang lahir dan kokoh berdiri di Nusantara Indonesia, BCA ingin memberikan kontribusi lebih kepada segenap elemen masyarakat, khususnya kepada masyarakat Desa Wisata Binaan BCA yang tersebar di pelosok negeri,” papar Inge Setiawati selaku Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA.

Berbeda dari perayaan 17an biasanya, kali ini BCA mengemas rangkaian perlombaan dengan cara unik yang disesuaikan dengan setiap ciri khas pariwisata desa wisata masing-masing. Berikut enam gelaran yang diinsiasi BCA selama rangkaian HUT RI ke-73 di desa wisata.

1. Desa Wisata Bukit Peramun Belitung
Uniknya mobil terbang di atas bukit desa ini akan membuat Anda tercengang. Pasalnya, wisatawan berbondong-bondong datang untuk memenuhi rasa penasaran berpotret bersama mobil terbang satu ini. Tak hanya mobil terbang, masih banyak hal menarik lainnya di Desa Wisata Bukit Peramun, Belitung. Terkhusus di Peringatan HUT RI ke-73, BCA melalui program Bakti BCA mempersembahkan lomba hiking ke bukit peramun sembari berburu bendera disertai spot selfie yang sayang untuk di lewatkan

2. Desa Wisata Wukirsari Yogyakarta
Deretan lomba 17an berikutnya digelar di salah satu Kota Gudeg, Yogyakarta. Ya, Desa Wisata Wukirsari belakangan menjadi perbincangan wisatawan lokal hingga mancanegara karena desa ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata wayang di Yogyakarta. Masyarakat baik dari dalam maupun luar negeri seperti Swiss, Perancis, Belanda dan Jepang pernah belajar kesenian wayang di desa ini. Oleh sebab itu, di hari bersejarah ini, BCA ingin memberikan edukasi kepada generasi muda melalui Lomba Melukis Wayang. Sedangkan untuk umum, BCA menyelenggarakan Lomba Membuat Baju Wayang.

3. Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta
Selain Desa Wukirsari, Desa Wisata Pentingsari merupakan salah satu pelopor desa wisata di Yogyakarta. Berada di lereng Merapi membuat desa ini selalu diselimuti hawa sejuk baik siang maupun malam. Menawarkan sejuta wisata alam dan wisata budaya sebagai daya tarik mendorong BCA untuk menggelar Lomba Foto yang diikuti oleh masyarakat umum setempat.

4. Desa Terong Belitung
Desa bekas galian timah ini kini menjadi salah satu destinasi wisata yang mengagumkan hingga mampu menjadi jujukan wisata baru. Perubahan demi perubahan perlahan menjadikan Desa Terong bukan lagi desa yang tak dilirik namun kini telah menjadi desa yang banyak disinggahi wisatawan bahkan jumlahnya mencapai 5 ribu pengunjung. Yang menarik adalah kolam renang alam, yakni sebuah kolam yang memanfaatkan sungai desa dengan air yang sangat jernih. Di kesempatan kali ini, BCA mengadakan kegiatan tarik tambang menggunakan rakit, lomba berenang dengan buah kelapa yang diikuti oleh masyarakat setempat. Unik, bukan?

5. Desa Gemah Sumilir Pekalongan
Baru diresmikan 2017 lalu, desa ini turut menopang Kota Pekalongan sebagai Kota Batik Dunia. Tak heran, ragam wisatawan berkunjung ke desa ini untuk menikmati karya Batik khas Indonesia. Pada kesempatan ini, BCA menyelenggarakan lomba mendesain batik bagi masyarakat setempat untuk memperingati kemerdekaan HUT RI ke-73. Tak hanya itu, untuk semakin menyemarakkan kekompakan warga desa, BCA turut menginisiasi perlombaan senam kreasi indonesia.

6. Desa Wirawisata Goa Pindul Yogyakarta
Desa yang terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini kian menjadi sorotan karena memiliki magnet tersendiri yakni terletak pada aliran sungai bawah tanah yang mengalir di sepanjang goa. Goa Pindul memiliki keeksotisan yang tak dapat diragukan lagi keindahannya, sehingga ratusan bahkan ribuan pengunjung berbondong – bondong menikmati keindahan alam di objek satu ini. Memeringati HUT NKRI kali ini, BCA mengemas perlombaan funbike untuk masyarakat umum, lomba mewarnai untuk anak TK dan PAUD, lomba teamwork anak SMP sekaligus yang paling menantang adalah permainan mengisi air ke pipa bolong. Seru, kan?

“Sederet kegiatan ini semata-mata kami gelar dalam rangka ingin mengingatkan kembali perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan mempersatukan segenap komponen masyarakat dalam kebersamaan. Kami mengapresiasi seluruh peran masyarakat Desa Wisata Binaan BCA yang terlibat dalam rangkaian acara Gebyar Kemerdekaan HUT RI ke-73 ini. Semoga semangat dan tekad bulat untuk tetap menjaga keutuhan, kedaulatan dan kesatuan NKRI yang kita cintai terus berkobar. Dirgahayu Republik Indonesia!” tutup Inge Setiawati.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.