BPJS Ketenagakerjaan Genjot Kepatuhan Pembayaran Iuran

IURAN TEPAT BULAN- Pps. Kepala Kantor Cabang Semarang Pemuda, Dolik Yulianto (kiri), bersama Direktur Operasional Water Blaster Kota Semarang, Soemitro (kanan), saat menjelaskan program ITB Awards dan kerjasamanya dengan Water Blaster, . FOTO : ANING KARINDRA

SEMARANG- BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda terus berupaya menggenjot tingkat kepatuhan pembayaran Iuran Tepat Bulan (ITB) bagi seluruh anggota. Saat ini, dari 7.500 badan usaha yang terdaftar dengan 300.000 lebih tenaga kerja, baru 70-75 persen saja yang tertib membayar iuran tepat waktu.

Pps. Kepala Kantor Cabang Semarang Pemuda, Dolik Yulianto mengatakan, sebenarnya banyak manfaat yang akan diambil oleh badan usaha dan pesertanya jika melakukan pembayaran iuran tepat. Namun begitu, masih banyak badan usaha yang belum mengetahui, sehingga memerlukan edukasi mengenai manfaat pembayaran iuran tepat waktu.

“Untuk itu pula kami menggelar program penghargaan kepada perusahaan yang membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan tepat bulan melalui ITB Awards,” katanya, disela Penyerahan Penghargaan ITB Awards dan Gathering Peserta BPJS Ketenagakerjaan, di Water Blaster Semarang.

Menurutnya, penghargaan kepada perusahaan yang tepat membayar iuran tiap bulannya telah diinfokan kepada para perusahaan yang terdaftar di BPJSTK Semarang Pemuda sejak bulan Juli lalu. Adapun parameter pemenang ITB Award yakni perusahaan tersebut tertib dalam pembayaran iuran, tidak ada perusahaan yang mendaftarkan sebagian tenaga kerjanya, dan penggunakaan aplikasi BPJSTKU, serta Sistem Informasi Pelaporan Peserta yang maksimal.

“Perusahaan yang memenuhi kategori tersebut diundang oleh BPJSTK Semarang Pemuda ke Water Blaster dan diberikan golden ticket bagi para pesertanya dengan diskon potongan biaya masuk ke Water Blaster 60% untuk tenaga kerja dan seluruh keluarganya (dalam 1 KK),” ungkapnya.

Selanjutnya, pemegang Golden Ticket berkesempatan mendapatkan doorprize yang diumumkan di puncak acara. Doorprize terdiri dari 2 Unit Motor, 2 unit kulkas, 2 unit sepeda, 2 unit mesin cuci dan 2 unit TV.

Dolik menuturkan, ITB Award sekaligus dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah melakukan pembayaran iuran tepat bulan, tidak ada PDSTK, dan maksimal dalam penggunaan BPJSTKU serta SIPP. Selain itu, melalui ITB Awards, diharapkan bisa memacu tingkat kepatuhan pembayaran iuran tepat waktu hingga 80-90 persen di akhir tahun.

“Harapan utamanya dapat memicu perusahaan yang telah terdaftar, untuk lebih tepat lagi dalam pembayaran iurannya dan seluruh tenaga kerja terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan,” tegasnya.

Sementara, dalam ITB Awards dan Gathering Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda juga menggandeng pihak Water Blaster. Manajemen Water Blaster Semarang memberikan diskon khusus untuk setiap pengunjung di Water Blaster, Jalan Candi Golf no. 1, Jangli, Tembalang, Kota Semarang.

Melalui program CSRnya, Water Blaster memberikan perlindungan kepada pekerja yang ada di Kota Semarang dengan program-program dari BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja.

“Mekanisme bantuan yang kami berikan yaitu untuk pengunjung cukup membayar Rp56.800 yang terdiri dari Rp40.000 untuk tiket masuk dan Rp16.800 untuk mendaftarkan dirinya atau untuk melindungi pekerja rentan resiko kecelakaan kerja di luar sana, dengan mendaftarkan di BPJS Ketenagakerjaan Semarang Pemuda,” ujar Soemitro, selaku Direktur Operasional Water Blaster Kota Semarang.

Soemitro dan Manajemen Water Blaster merasa setiap pekerjaan itu pasti ada resikonya. Tapi kenyataannya masih banyak pekerja di luar sana yang belum dilindungi BPJS Ketenagakerjaan.

“Hal ini yang menjadi dasar jajaran Water Blaster ingin membantu para pekerja dengan bantuan melalui CSR tersebut,” pungkasnya.(aln)