Segmen Menengah Dongkrak Bisnis Elektronik

– RAMAI- Superstore Global Elektronik Semarang selalu ramai pengunjung yang melalukan pembelian produk-produk elektronik. FOTO : IST/ANING KARINDRA



SEMARANG- Perekonomian yang makin membaik belakangan terus mendongkrak bisnis ritel elektronik. Daya beli masyarakat yang tumbuh 5.05% dari data BPS dirasakan pula oleh Superstore Global Elektronik Semarang.


Praktisi Bisnis Ritel Elektronik yang juga Managing Director Global Elektronik Semarang, Gouw Andy Siswanto, mengungkapkan, salah satu indikator tumbuhnya konsumsi rumah tangga adalah kecenderungan meningkatnya omzet penjualan elektronik dan ponsel kuartal I/2019. Hal ini seiring dengan jumlah warga kelas menengah yang terus bertambah.


“Penjualan elektronik, ponsel khususnya mesin cuci (wahshing machine) di Global Elektronik mengalami peningkatan 18%, bila di bandingkan tahun lalu. Ini pertanda bisnis elektronik di Semarang semakin cerah,” katanya.


Bertambahnya segmen konsumen kelas menengah, lanjutnya, telah menyebabkan bergesernya jenis konsumsi masyarakat dari kebutuhan primer (makanan dan sandang) menjadi kebutuhan sekunder, bahkan tersier (mewah), seperti produk elektronik premium dan smartphone Samsung. 


“Karena tingkat dan pertumbuhan konsumsi masyarakat ditentukan oleh pendapatan rumah tangga dan perubahan tingkat harga umum atau inflasi,” ujarnya.  


Ditambahkan, trend perekonomian yang positif ini berdampak cukup besar pada bisnis elektronik & smartphone. Sebagai bukti, event ‘Big In-Store Promo’ yang digelar di semua toko Global Elektronik mendapat respon positif dari masyarakat. Program ini akan berlangsung sampai 19 Maret 2019.


“Selama berlangsungnya event Big In-Store Promo, hampir semua merek elektronika ternama menawarkan harga promo dan special diskon. Semua produk yang ditawarkan adalah produk baru berkualitas. Harganya dijamin lebih murah, karena harga pabrik,” imbuhnya.


Produk promo yang banyak diburu antara lain TV LED, Kulkas, Mesin Cuci, AC, Vacuum Cleaner, Microwave, dan masih banyak lagi. Sedangkan merek yang dipasarkan Global Elektronik seluruhnya ada 28 merek.


Sementara, seringnya menggelar pameran dan banyaknya Award & Achievement yang telah diraih Global Elektronik, ternyata berdampak pada kepercayaan pelanggan. Global Elektronik telah menjadi toko terpercaya dengan produk-produk berkualitas dan harga kompetitif.


“Harganya lebih murah setelah didiskon, sehingga belanja elektronika di Global Elektronik lebih hemat,” ujar salah seorang pelanggan. 

Saat ini, Samsung, Sharp, Sony, Panasonic dan Electrolux masih menggelar program promo dan cashback. Samsung masih menggelar ‘Special New Arival’ untuk pembelian produk Kulkas, Ponsel, Mesin cuci, AC, TV LED. Sharp menawarkan ‘Promo Spesial’ untuk pembelian TV LED 32 inci, Kulkas, dan AC. 


1Sony promo special price dan cashback hingga jutaan rupiah. Beli Sony Bravia TV OLED 65 inci gratis PS4Pro tipe CUH-7106BB01, beli  Smat TV seri W660F 50 inci dapat Cashback 200 ribu, beli TV Smart 43 inci dapat cashback Rp 800 ribu. Beli TV Android 49 inci dan 55 inci dapat cashback masing-masing Rp 500 ribu dan Rp 1 juta.(aln)