Rail Clinic Layani Pengobatan Gratis Di Stasiun Alastua

– RAIL CLINIC- Rumah sakit berjalan di atas rel – Rail Clinic (kereta kesehatan),  melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis di Stasiun Alastua Semarang. FOTO : ANING KARINDRA


SEMARANG- Sarana kereta api yang berfungsi sebagai rumah sakit berjalan di atas rel (Rail Clinic/kereta kesehatan), Kamis (28/3), melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis di Stasiun Alastua. Rail Clinic yang terlibat dalam kegiatan ini menggunakan sarana Rail Clinic Generasi ke-4.


Rangkaian Rail Clinic Generasi ke-4 dilengkapi dengan Rail Library atau Kereta Pustaka. Di dalam Rail Library ini terdapat ratusan buku bacaan yang dilengkapi pula dengan fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik, berupa 6 buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak yang terkoneksi dengan internet.


Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan, keterlibatan Rail Clinic Generasi ke-4 di Stasiun Alastua ini, dilaksanakan dalam rangka melaksanakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang di sejumlah jalur rel kereta api. Acara CSR dengan melibatkan Rail Clinic sudah menjadi agenda tahunan di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang sejak 2016 yang lalu. 


“Pada tahun 2016 telah dilaksanakan di Stasiun Weleri dan Stasiun Kedungjati, kemudian di tahun 2017 telah dilaksanakan di Stasiun Mangkang dan Stasiun Randublatung. Dan ditahun 2018 dilaksanakan di Stasiun Kradenan, Stasiun Gundih, dan Stasiun Kaliwungu,” katanya.


Dengan melibatkan unsur-unsur kewilayahan di wilayah Kecamatan Genuk dan Kecamatan Pedurungan, lanjutnya, pihak PT KAI Daop 4 melaksanakan serangkaian kegiatan bakti sosial. Kegiatan tersebut terdiri dari pengobatan gratis kepada masyarakat sekitar Stasiun Alastua, pemberian kaca mata gratis kepada 57 siswa sekolah dasar yang terdapat di wilayah sekitar Stasiun Alastua (SD Bangetayu Kulon 01, SD Bangetayu Wetan 01, dan MI Miftahul Ulum Bangetayu), pemberian bantuan alat-alat olah raga kepada SDN 01 Tlogomulyo. 


Selain itu juga pemberian sarana dan alat kesehatan kepada Kelas Ibu Hamil Ceria UPTD PKM Bangetayu, dan pemberian karpet dan tikar kepada Panti Asuhan Yayasan AN NUR BUDI UTOMO dan warga Perum Graha Mukti Tlogomulyo. Diberikan pula penyuluhan seputar kesehatan dan peraturan keselamatan perjalanan kereta api, serta pembagian berbagai souvenir menarik.


Pada kesempatan ini, pihak PT KAI Daop 4 Semarang telah mengundang masyarakat sekitar Stasiun Alastua untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis mulai pukul 08.00–14.00 WIB. Pelayanan kesehatan yang diberikan yakni pemeriksaan dokter umum, gigi, kesehatan ibu dan anak, kesehatan mata, laboratorium, serta pelayanan kefarmasian. 


“KAI telah menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 4 dokter umum, 2 dokter gigi, 2 perawat gigi, 2 bidan, 1 apoteker, 1 assiten apoteker, dan 10 paramedis,” ujarnya.


Diharapkan, dengan adanya kegiatan bakti sosial yang melibatkan sarana Rail Clinic Generasi ke-4 ini, bisa terjalin komunikasi yang baik antara pihak PT KAI dengan masyarakat sekitar Stasiun Alastua, dengan wujud kerja sama yang harmonis dalam mendukung perkembangan perkeretaapian di wilayah Stasiun Alastua. Selain itu, juga diharapkan masyarakat ikut andil dalam menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api.(aln)