Ramadhan Berdaya Untuk Indonesia Dan Dunia

JAKARTA. Selama Ramadhan 2018 Rumah Zakat telah menyampaikan amanah kepada 168.225 penerima manfat di 1.183 Desa Berdaya di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut disalurkan ke berbagai program, di antaranya melalui Program Berbagi Buka Puasa, Kado Lebaran Yatim, Bingkisan Keluarga pra Sejahtera, Janda Berdaya, dan Lebaran Bebas Utang. 


“Alhamdulillah, terima kasih atas sinergi yang membanggkan ini. Kami sangat mengapresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung Program Ramadhan Berdaya 2018,” ujar CEO Rumah Zakat, Nur Efendi. 


Rumah Zakat kembali menguatkan campaign Ramadhan Berdaya untuk Indonesia dan dunia. Tahun 2019, Rumah Zakat targetkan memberikan layanan program kepada 319.700 penerima manfaat di 1.440 Desa Berdaya di seluruh Indonesia dan di tiga negara, hal tersebut naik 53% dari tahun 2018.


Adapun program yang ditawarkan di antaranya Berbagi Buka Puasa sebanyak 145.000 penerima manfaat, 17.000 Kado Lebaran Yatim, 8.700 Bingkisan Keluarga pra Sejahtera, 14.000 Syiar Quran, 3.000 Janda Berdaya dan Lebaran Bebas Utang. 


Kemudahan Donasi Melalui Infak.id dan Lelang Bintang 


Untuk memudahkan donatur dan masyarakat berbagi, Rumah Zakat terus merespon dan melakukan inovasi kemudahan donasi. Rumah Zakat meresmikan dua platform start up, yaitu Infak.ID dan Lelangbintang.com di Jakarta.


Kedua platform tersebut bertujuan untuk merangkul sebanyak-banyaknya donatur, mulai dari kalangan millenial hingga masyarakat pada umumnya. Infak.ID merupakan platform donasi online dengan memiliki berbagai fitur pembayaran yang disesuaikan dengan tren masa kini. 


Dengan adanya platform tersebut diharapkan bisa memudahkan donatur yang akan menitipkan infak dan sedekahnya melalui Rumah Zakat. Dalam pelaksanaannya, Rumah Zakat bekerjasama dengan mitra payment channel, di antaranya LinkAja, OVO, Gopay, Kaspro, dan Doku. 


Selain itu, lelangbintang.com merupakan platform penggalangan dana online yang mengajak para fans dari seorang public figur untuk berdonasi. Lelangbintang.com merupakan bentuk inovasi berbagi dengan cara lelang barang yang dimiliki oleh public figur. 


Adanya platform lelangbintang.comcom dilatarbelakangi oleh suksesnya acara lelang pada konser amal Komunitas Tangan Di Atas pada Januari lalu. Dalam acara tersebut terkumpul dana hampir Rp1Milyar dari hasil lelang barang public figur, seperti Gaun Bridalnya Oki Setiana Dewi, Jaket dan Jas Pasha Ungu, Topi milik Tompi, serta Gaun milik Adelia Pasha. 


“Keberadaan dua platform tersebut diharapkan bisa menghasilkan donasi lima kali lipat lebih banyak di bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan lainnya. Dengan demikian bisa mempercepat terwujudnya 1.800 Desa Berdaya Rumah Zakat di tahun 2019,” jelas Efendi.(aln)