Penjualan Elektronik Tumbuh 8 Persen

– RAMAI- Konsumen ramai memadati pameran HomeTech ke-44 di Superstore Global Elektronik Semarang. FOTO : ANING KARINDRA



SEMARANG – Optimisme pemerintah terbukti.    Pertumbuhan ekonomi akan meningkat tatkala aktor musiman seperti Ramadan dan Idul Fitri tengah berjalan. Faktor pendorongnya adalah belanja dari kelompok rumah tangga yang diprediksi meningkat signifikan. 


Ditopang beberapa kebijakan pemerintah seperti menahan harga bahan bakar minyak (BBM) dan memberi diskon kepada pelanggan listrik 900 PA akan membuat daya beli masyarakat relatif stabil pada Ramadan tahun ini. 


Pengamat ekonomi Indef mengatakan, secara keseluruhan kondisi perekonomian masyarakat Indonesia stabil. Daya beli masyarakat cukup baik dan inflasi pangan terjaga dalam triwulan pertama di tahun 2019 dengan deflasi 0,37%. Ini menunjukkan bahwa tekanan terhadap harga bahan pangan ini relatif stabil. Tidakada gejolak berlebihan.


Diperkirakan tingkat konsumsi rumah tangga masyarakat akan terjaga di level 5 persen. Jadi, tidak perlu ada kekhawatiran terhadap merosotnya daya beli. Apalagi laporan terbaru Bank Pembangunan Asia (ADB) menyebutkan, konsumsi rumah tangga dapat menjadi faktor penguatan ekonomi Indonesia yang diproyeksikan masing-masing sebesar 5,2 peesen dan 5,3 peesen pada 2019 dan 2020.


Praktisi bisnis ritel elektronik yang juga Managing Director Global Elektronik, Gouw Andy Siswanto, mengatakan, momen Ramadan dan Idul Fitri yang terjadi sekali waktu dalam setahun, menunjukkan betapa hebatnya kekuatan konsumsi dan ekspektasi ekonomi di dalam negeri.

Seandainya momentum ini bisa dipertahankan sepanjang tahun, mungkin tidak sulit bagi kita untuk berkhayal pertumbuhan ekonomi nasional akan selalu di atas 5–7 persen per tahun.


“Ramadhan mempunyai peranan penting dalam membantu perekonomian Indonesia bangkit kembali dari kelesuan melalui peningkatan perdagangan seperti perangkat elektronika dan konsumsi,” kata Andy.


Menurutnya, THR dan bisnis di bulan Ramadhan menimbulkan efek berantai yang pada akhirnya bukan saja mengompensasi penurunan produktivitas, bahkan menghidupkan sendi-sendi perekonomian yang hanya terjadi di bulan Ramadhan. Produktivitas menurun, tetapi perdagangan dan konsumsi meningkat melebihi penurunannya sehingga secara keseluruhan perekonomian bergerak, dan yang paling penting kebahagiaan masyarakat meningkat.


“Di beberapa daerah, Ramadhan juga berarti berbenah rumah, mengganti perabot, mirip dengan tradisi yang sama menjelang Imlek,” kata Andy.


 Di semua daerah, ujarnya lebih lanjut, Ramadhan berarti berbenah rumah ibadah. Penggunaan listrik perumahan meningkat, apalagi listrik rumah ibadah.
Oleh sebab itu, Global Elektronik menggelar Pameran Perdagangan perangkat elektronika HomeTech 2019, pameran tematik ke-44. Event ini berlangsung tanggal 15 Mei sampai 2 Juni 2019 di area parkir (outdoor) dan di showroom (indoor) Jalan PandanaranNo. 102 (Kawasan Simpanglima) Semarang. Pameran diikuti 9 merek ternama, yakni Samsung, Sharp, Sony, Electrolux, Polytron, TCL, Midea, AC Daikin, dan Ikeda. 


“Di bulan penuh berkah ini, semua peserta pameran menggelar spesial promo Ramadhan. Harganya sama-sama murah berkat banyaknya diskon yang ditawarkan selama pameran,” tutur Harwiyono, Ketua Harian Penyelenggara Pameran Perdagangan Elektronika HomeTech 2019 ke-44” Semarang. 


Dalam event tersebut, digelar perangkat elekronik baru berteknologi canggih mulai dari TV LED, Kulkas, Mesin Cuci, AC, hingga Vacuum Cleaner dan Water Dispenser. Hebatnya, semua produk elektronik baru ditawarkan dengan harga promo atau cashback, sehingga harganya menjadi kompetitif. Bahkan, semua peserta pameran menggelar program “Special Promo” untuk produk-produk seperti Mesin Cuci, Kulkas, Air Cooler, Water Dispenser, Microwave Oven, Home Audio System, Smart LED TV, Chest Freezer, dan AC Split.


Disediakan Hadiah Utama berupa 50 PAKET UMROH atau WISATA RELIGI dan Hadiah Undian berupa LED TV 32 inci, Water Dispenser, Air Cooller, Microwave, 3 unit Rice Cooker dan 3 unit Blender.
Digelar promo menggiurkan, yakni Buy 1 Get 1 + Promo Bundling, Hadiah Voucher Go- Pay, KFC, Indomaret, Pulsa. Gratis Hadiah Souvenir Exclusive, Pesta Diskon Ramadhan 1440 Hijriyah, Special Ramadhan Midnight Sale, Produk Cashack Jutaan Rupiah. 


“Manfaatkan PROGRAM KARTU DEBIT BNI, hanya berlaku untuk Global Elektronik Jalan MT Haryono 509A dan JalanPandanaran 102 Semarang saja. Potongan Harga Cabutan hingga Rp 200.000,” tutur Iwan Sadhikin, Store Manager Global Elektronik, Jalan Pandanaran 102 (Kawasan Simpang Lima) Semarang.


Untuk mempermudah proses transaksi ini, Global Elektronikmenggandeng 13 perbankan dan 7 perusahaan multi finance. Selain itu, berbagai program promo menarik digelar untuk memanjakan konsumen.(aln)