PLN Cilacap Kenalkan Motor listrik ke Driver Ojek Online

– MOTOR LISTRIK- Sejumlah driver ojek onlinecmelakuan test drive motor listrik yang digelae PLN UP3 Cilacap. FOTO : IST/ANING KARINDRA



CILACAP – Suasana Jumat pagi, di PLN UP3 Cilacap berbeda dari biasanya, pada pagi hari tersebut rombongan ojek online dengan jaket warna hijau turut serta dalam kegiatan senam pagi. Mengusung tema “Ngojek Asik dengan Motor Listrik”, acara tersebut bertujuan untuk mengedukasi para driver ojek online mengenai manfaat dan kelebihan dari penggunaan motor listrik.


Selain driver ojek online, PLN juga mengundang Muncul Grup dan Bank BRI dalam kegiatan ini. Acara yang digelar di halaman kantor UP3 Cilacap ini juga dimeriahkan dengan kuis berhadiah menarik bagi para driver ojek online.


Pada kesempatan ini turut hadir membuka acara test drive motor listrik, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto. Ia menjelaskan motor listrik adalah kendaraan yang akan masif penggunaannya, karena hemat biaya operasional, hemat biaya pemeliharaan, bebas polusi dan ramah lingkungan.


Senada dengan Bupati Cilacap, Manager PLN UP3 Cilacap juga menjelaskan kendaraan listrik adalah sebuah keniscayaan, dengan terbitnya Perpres mengenai penggunaan kendaraan listrik mulai hari ini dan dimasa depan kendaraan tersebut secara pasti akan digunakan secara umum seperti motor konvensional.


Dengan beralihnya ke motor listrik diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para driver ojek online, karena lebih hemat biaya operasional. Secara perhitungan motor listrik mampu berjalan sejauh 100 Km dengan energi sebesar 3 kWh atau setara sekitar Rp 5.000, sedangkan motor konvensional pada jarak yang sama menghabiskan kurang lebih 3 liter BBM atau setara Rp 25.000.

Keuntungan lain yang ditawarkan motor listrik adalah perawatan yang mudah dan murah, karena tidak perlu ganti oli, filter oli, karburator, injektor, busi, seperti mesin motor konvensional.


Tidak hanya itu, PLN UP3 Cilacap bersinergi dengan Muncul Grup sebagai distributor motor listrik untuk wilayah Kebumen, Cilacap, Purwokerto, dan Pubalingga dengan menawarkan voucher listrik sebesar Rp 500.000 bagi yang membeli motor listrik. 


Dari sisi pembiayaan, PLN UP3 Cilacap juga bersinergi dengan Bank BRI dengan Promo fasilitas pembiayaan KUR bebas biaya administrasi dan DP, dari PLN UP3 Cilacap pun memberikan free charge selama 6 Bulan di seluruh kantor di wilayah kerjanya.(aln)