Sido Muncul Sumbang YKAKi Rp250 Juta


– RUMAH SINGGAH- Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, didampingi Ketua Rotary Club of Semarang Bojong, Elnora Aprilita, menyerahkan bantuan senilai Rp250 juta untuk operasional Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKi) Cabang Semarang. Bantuan diterima Ketua YKAKi Cabang Semarang, Vita Maswari, di Rumah Singgah YKAKi, Jalan Kedungjati, Randusari, Semarang. FOTO : ANING KARINDRA


SEMARANG- PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk terus menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar. Kali ini, dengan menggandeng Rotary Club of Semarang Bojong, pabrikan jamu dan farmasi yang berpusat di Bergas, Ungaran turut membantu anak-anak penderita kanker, melalui Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKi) Cabang Semarang.

Bantuan senilai Rp250 juta diberikan untuk operasional Rumah Singgah YKAKi yang berada di Kedungjati, Randusari, Semarang. Sumbangan Rumah Singgah diberikan langsung oleh Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, didampingi Ketua Rotary Club of Semarang Bojong, Elnora Aprilita, kepada Ketua YKAKi Cabang Semarang, Vita Maswari.

Ketua YKAKi Cabang Semarang, Vita Maswari mengatakan, Rumah Singgah YKAKi ini sudah berdiri sejak tahun 2016. Selama ini, ‘Rumah Kita’ yang dikelola YKAKi sudah menangani 164 pasien, mulai dari usia batita sampai usia 18 tahun. Adapun pasien anak yang singgah mayoritas menderita leukimia, kanker otak, dan lain-lain.

“Sumbangan Rumah Singgah persembahan Sido Muncul dan Rotary Club of Semarang Bojong untuk Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKi) Cabang Semarang sangat bermanfaat bagi keluarga para penderita kanker yang menjalani perawatan dan terapi di rumah sakit yang ada di Semarang,” katanya.

Dijelaskan, selama ini YKAKi sangat membutuhkan dukungan untuk memberikan pelayanan pasien dan keluarganya secara baik, terutama untuk rumah singgah saat pasien melakukan terapi dan pengobatan. Saat ini, ‘Rumah Kita’ memiliki 3 kamar dengan 12 kasur dan ruang belajar.

“Di rumah singgah ini kami juga memberikan hak belajar bagi anak yang sedang menjalani terapi agar mereka juga tetap survive menjalani hidupnya,” jelasnya.

Ketua Rotary Club of Semarang Bojong, Elonora Aprilita mengaku, respon positif dari Sido Muncul saat mengetahui kebutuhan YKAKi Cabang Semarang membuat kami bahagia. Apalagi, selama ini Sido Muncul dikenal sangat konsen dengan program sosialnya.

“Semoga apa yang telah dilakukan Pak Irwan Hidayat dan keluarga melalui Sido Muncul membawa kebaikan untuk semua orang, terutama anak penderita kanker. Dan semoga usaha Sido Muncul makin berkembang,” ujarnya.

Elnora menuturkan, Rotary Club of Semarang Bojong merupakan organisasi yang fokus kegiatan sosial tertua di Kota Semarang.

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat menuturkan, bantuan rumah singgah ini dinilai sangat membantu masyarakat penderita kanker. Jika mereka harus tinggal di hotel, akan memakan biaya yang tinggi.

“Harapan saya ibu-ibu juga tetap sabar dalam menghadapi cobaannya, dan selalu berdoa, yakin akan kesembuhan anak-anaknya,” jelasnya.

Irwan mengakui, tradisi berbagi menjadi moment yang mengingatkan untuk saling mencintai terhadap sesama. Apalagi jika mengingat masa lalunya yang pernah mengalami banyak kesulitan, hingga mampu melewatinya seperti saat ini.

“Dan pada hari ini kami menggunakan dana kami sekaligus bagaimana bisa berpromosi sambil berbagi,” tandasnya.

Salah seorang keluarga anak penderita kanker, Ana (47) asal Pontianak mengaku sangat terbantu dengan adanya rumah singgah yang dikelola YKAKi Cabang Semarang. Anaknya, Afta (18), menderita kanker nasofaring selama 2 tahun, dan telah 5 kali menjalani kemoterapi di RSUD Dr. Kariadi Semarang.

“Kami sangat terbantu dengan rumah singgah. Lokasinya dekat dengan rumah sakit. Dan selama pengobatan bisa tinggal di rumah singgah, hanya dengan membayar Rp5.000 per hari,” pungkasnya.(aln)