Telkomsel dan Telkom University Berkolaborasi Hadirkan Program Beasiswa

- MOU- Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro (dua kanan), dan Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya (dua kiri), menandatangani nota kesepahaman kolaborasi Telkomsel bersama Telkom University dalam menghadirkan program beasiswa yang berfokus pada pengembangan kapabilitas mahasiswa di bidang teknologi digital. FOTO : IST/ANING KARINDRA

MOU- Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro (dua kanan), dan Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya (dua kiri), menandatangani nota kesepahaman kolaborasi Telkomsel bersama Telkom University dalam menghadirkan program beasiswa yang berfokus pada pengembangan kapabilitas mahasiswa di bidang teknologi digital. FOTO : IST/ANING KARINDRA

*Dorong Terciptanya Talenta Digital Indonesia

JAKARTA- Telkomsel sebagai leading digital telco company di Indonesia berkomitmen untuk mempercepat transformasi digital dalam lingkungan perseroan yang meliputi penguatan tiga aspek, yaitu technology, process, dan people. Kini, komitmen tersebut diwujudkan melalui kolaborasi terbaru bersama Telkom University dengan menyelenggarakan program beasiswa bagi para mahasiswa. Upaya kolaboratif tersebut ditandai melalui penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan di Jakarta, Selasa (26/4).

Direktur Human Capital Management Telkomsel, R Muharam Perbawamukti mengatakan, pihaknya menyambut positif kolaborasi terkini dengan Telkom University.

“Kami optimis bahwa program beasiswa ini dapat membuka lebih banyak peluang akan lahirnya talenta-talenta digital unggul dan berdaya saing tinggi. Dari situ, Indonesia akan memiliki sumber daya manusia yang lebih kaya di bidang teknologi yang kini sudah sangat dibutuhkan untuk mengakselerasi transformasi digital bangsa Indonesia menjadi bangsa dengan kedaulatan dan kemandirian digital yang kuat. Dengan begitu, inisiatif tersebut diharapkan dapat mencetak generasi bangsa yang mampu menghadirkan lebih banyak manfaat teknologi terdepan bagi seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Rektor Telkom University, Adiwijaya mengatakan, Telkom University siap untuk menjaga amanah yang diberikan oleh Telkomsel untuk mendidik Digital Talent yang akan membantu Telkomsel bertransformasi ke arah bisnis digital. Digital talent tidak hanya memiliki skill saja, namun juga harus memiliki karakter yang kuat untuk menjadi Digital Leader.

“Untuk itu, Pendidikan karakter juga sangat penting untuk membekali calon-calon pemimpin yang kelak akan membawa kemajuan dan keberkahan untuk Telkomsel dan lebih jauh untuk Bangsa dan Negara,” ujarnya.

Dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dan Rektor Telkom University Adiwijaya, akan ada kolaborasi rancangan program beasiswa yang bersifat industry-oriented kepada mahasiswa yang memenuhi kriteria seleksi.

Dalam aplikasinya, di samping pemenuhan kurikulum berbasis standar kampus yang telah dicanangkan Kemendikbud oleh Telkom University, pemberian eksposur yang bersifat industry-oriented juga diharapkan dapat menyeleksi mahasiswa terbaik yang memiliki keunggulan kompetitif di dunia kerja sesuai dengan kebutuhan perseroan dan standar kompetensi yang dipersyaratkan di masa datang.

Program beasiswa yang dihadirkan ini juga diharapkan dapat menjaring talenta terdepan yang mampu mengisi ragam fungsi kerja terkini yang dibutuhkan industri, serta menjawab tantangan di era digital yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Hal tersebut sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam memperkuat lingkungan kerja adaptif yang digerakkan oleh kumpulan talenta digital yang agile, khususnya para generasi muda. Ini menjadi bagian dari upaya berkelanjutan Telkomsel dalam menjalankan transformasi digital secara menyeluruh di dalam perusahaan, yang dalam hal ini mengarah ke aspek people.

“Melalui inisiatif ini, Telkomsel mengajak para mahasiswa untuk terus bergerak maju meningkatkan kapabilitasnya agar dapat menjawab berbagai tantangan di depan. Selanjutnya, Telkomsel pun membuka pintu bagi instansi pendidikan lainnya untuk bersama-sama mengembangkan kualitas dan kapabilitas talenta generasi muda Indonesia yang mampu memberikan kontribusi lebih bagi kemajuan Indonesia sebagai bangsa digital di masa depan,” pungkas Muharam.(aln)