Phapros Rambah Bisnis Alat Kesehatan

0
325

SEMARANG- PT Phapros Tbk kini mulai memperluas lini bisnisnya di bidang alat kesehatan. Langkah tersebut dilakukan setelah melihat peluang yang besar di industri alat kesehatan dalam negeri tersebut yang cukup tinggi.

“Pertumbuhan rata-rata alkes dalam negeri selama lima tahun sejak 2011-2015 mencapai 12,8%. Ditambah lagi, adanya program kemandirian yang digagas Kementerian Kesehatan RI di mana Phapros juga menjadi salah satu pendorong program itu, diharapkan agar alkes Indonesia bisa diproduksi sendiri. Karena kasusnya ini sama dengan obat, 94% alkes Indonesia masih diimpor, hanya 6% yang diproduksi sendiri,” ujar Iswanto, Direktur Utama PT Phapros Tbk, yang juga menjadi Ketua Tim Penyusun Road Map Industri Alat Kesehatan Dalam Negeri.

Menurutnya, untuk memperkuat bisnis alat kesehatannya, Phapros sudah menyiapkan beberapa strategi. Diantaranya dengan memasarkan produk implan arthroplasty, bernama Implancast – implan untuk persendian seperti lutut dan pinggul yang dilapisi dengan Titanium Nitride, sehingga bisa mengurangi reaksi alergi pada tubuh.

“Selain implan, Phapros juga mengembangkan VP Shunt – sebuah alat untuk membuang cairan yang tidak dibutuhkan pada kepala anak-anak penderita hidrosefalus – bersama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Pipa atau Shunt yang beredar di pasar alkes saat ini umumnya berbentuk slit (lurus memanjang) yang justru kerap membuat cairan dalam kepala penderita hidrosefalus tidak bisa keluar,” ungkapnya.

Sedangkan VP Shunt yang sedang dikembangkan Phapros dan UGM, lanjutnya, memiliki keunggulan dari segi bentuknya yang menyerupai bulan sabit (semilunar), sehingga sumbatan yang lazim ditemui pascaoperasi pemasangan shunt tidak terjadi lagi. Katup semilunar juga efektif mencegah cairan otak mengalir lagi ke kepala dan membuat pasien nyaman meski di badannya terpasang sistem pompa.

“Phapros juga sedang menyiapkan lini baru, yakni Phapros Healthcare yang perizinannya masih dalam proses. Diharapkan pada 2016 ini Phapros Healthcare bisa memasarkan nasal spray untuk membersihkan saluran pernapasan, dan sebagai pelengkap pengobatan infeksi THT,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.