MY Indo Airlines Jajaki Kerjasama dengan ASPERINDO Jawa Tengah

0
242

*DIRECT FLIGHT SEMARANG-SINGAPURA (PP)

SEMARANG – Maskapai MY Indo Airlines menjajaki kerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO) Jawa Tengah untuk rute penerbangan langsung atau direct flight Semarang-Singapura (PP). 

Ketua Bidang Hubungan Internasional ASPERINDO Jawa Tengah Rachdi Satoto menjelaskan selama ini pelaku usaha dari Jawa Tengah yang melakukan pengiriman ke Singapura dan sebaliknya harus transit melalui Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta di Jakarta. Dengan adanya MY Indo Airlines yang membuka rute penerbangan langsung Semarang-Singapura, katanya, dapat memberikan keuntungan bagi industri jasa pengiriman dan pelaku usaha yang bergerak di bidang ekspor dan impor. 

“Ada dua keuntungan, yakni memperpendek transit time selama 1 hari dan reduce cost sekitar Rp1,9 juta per shipment,” paparnya disela-sela kunjungan MY Indo Airlines di Sekretariat ASPERINDO Jawa Tengah.

Dia menerangkan reduce cost atau pengurangan biaya pengiriman diangka Rp1,9 juta diasumsikan dengan besaran biaya pengiriman dari Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta. 

“Jika penerbangan langsung dari Semarang-Singapura, kita tidak perlu mengeluarkan biaya dari Semarang ke Jakarta,” jelasnya. 

Menurutnya, penjajakan kerjasama dengan MY Indo Airlines disambut positif oleh anggota ASPERINDO Jateng, secara reguler mengirimkan barang dengan airline hub di Singapura yakni DHL, PT Pos Indonesia, Fedex, TNT dan anggota lainnya. 

Rachdi menambahkan pihak maskapai penerbangan —dalam hal ini MY Indo Airlines— menyediakan pesawat kargo boeing 737-200 dengan kapasitas volume barang sebanyak 16 ton.  

“Pada prinsipnya kami siap mengisi volume kargo itu,” jelasnya. 

Dimaz Ramandyta, Cargo Sales Manager PT MY Indo Airlines menyatakan alasan rute penerbangan direct flight Semarang-Singapura karena melihat perkembangan ekspor dan impor dari Jawa Tengah ke Singapura meningkat dari tahun ke tahun. 

“Makanya kami langsung mendatangi pelaku usaha di Semarang. Untuk pertama kali, kami menjajaki kerjasama dengan ASPERINDO Jawa Tengah,” terang dia. 

Berdasarkan survei dari MY Indo Airlines, katanya, belum ada Cargo Airlines (dalam hal ini Pesawat Freighter) yang melayani area Semarang-Singapura. 

“Dan kami melihat juga banyak permintaan baik ke maupun dari Semarang,” pungkasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.