KA Ciremai Tambahan Dioperasionalkan

0
316

*Sambut Liburan, Tujuan Bandung

SEMARANG- Menyambut momentum libur panjang dalam memperingati Hari Buruh Internasional, PT KAI Daop 4 Semarang kembali mengoperasikan KA Ciremai Tambahan dengan relasi Semarang Tawang-Bandung PP. KA Ciremai Tambahan ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan KA, mengingat tingginya permintaan angkutan KA dengan tujuan Bandung maupun sebaliknya pada saat liburan panjang seperti ini.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Edy Kuswoyo mengatakan, KA Ciremai Tambahan membawa 2 kereta kelas eksekutif berkapasitas total 100 tempat duduk, 3 kereta kelas ekonomi ‘new image’ berkapasitas total 240 tempat duduk, dan 2 kereta kelas ekonomi ‘new image difabel’ berkapasitas total 128 tempat duduk. Kereta difabel tersebut dilengkapi dengan tempat untuk menaruh kursi roda yang diperuntukan bagi pelanggan yang berkebutuhan khusus.

“KA Ciremai Tambahan ini dijalankan pada hari Sabtu tanggal 29 April 2017 dengan kapasitas total 468 tempat duduk,” katanya.

Menurutnya, jadwal keberangkatan dari Stasiun Semarang Tawang pukul 07.00 WIB dan dari Stasiun Bandung diberangkatkan kembali pukul 18.25 WIB. Adapun tarif tujuan ke Bandung pada KA Ciremai Tambahan untuk kelas eksekutif Rp260.000, sedangkan untuk kelas ekonomi Rp130.000.

“Selain itu, pada KA Ciremai Tambahan ini juga diberlakukan tarif parsial untuk keberangkatan dari Semarang Tawang untuk tujuan Pekalongan, Pemalang, Tegal, maupun Cirebon diberikan tarif khusus Rp.160.000 untuk kelas eksekutif dan Rp80.000 untuk kelas ekonomi,” ungkapnya.

Sedangkan untuk tujuan Jatibarang diberikan tarif khusus Rp210.000 untuk kelas eksekutif dan Rp105.000 untuk kelas ekonomi. Tarif parsial ini juga berlaku dari dan ke tujuan sebaliknya.

Dijelaskan, beroperasinya KA Ciremai Tambahan ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat dari wilayah Semarang ke Bandung yang ingin bepergian pada pagi hari mengggunakan transportasi KA dengan aman dan nyaman. Selain itu juga menambah frekuensi perjalanan KA menuju Bandung maupun sebaliknya yang sebelumnya sudah dilayani 2x dalam sehari dengan KA Ciremai dan KA Harina, menjadi 3x dalam sehari.

“Dengan dioperasikannya KA Ciremai Tambahan nantinya juga dapat menarik animo masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api, sehingga dapat mengurangi kemacetan dan polusi di jalan raya karena lebih aman dan nyaman menggunakan KA,” jelasnya.

Sementara, pembelian tiket untuk KA tersebut dapat dilakukan mulai Kamis (27/4) di loket stasiun, contact center 121, websitetiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, minimarket, kantor pos, mesin e-kiosk, dan berbagai channel eksternal resmi lainnya.(aln)‎

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here