Layanan 4G LTE XL, Jangkau Seluruh Jawa Barat

Layanan 4G LTE XL, Jangkau Seluruh Jawa Barat

45
0
SHARE

-XL 4G LTE- (Ki-ka) GM LTE Execution Assurance, Ronhugo Verry Leonard Tambunan, Vice President Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti, dan GM Sales XL West Java, R. Tommy Candra Dirgantara, dalam acara peresmian layanan internet cepat 4G LTE di Tasikmalaya. Dengan peresmian terbaru ini, maka mulai Juni 2017, layanan XL 4G LTE telah masuk ke hampir semua kabupaten/kota yang ada di Tasikmalaya (kota dan kabupaten), Ciamis, Garut, Sumedang, dan Banjar. FOTO : IST/ANING KARINDRA

SEMARANG- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas layanan 4G LTE di berbagai wilayah Indonesia. Di Jawa Barat (Jabar), XL Axiata meresmikan layanan internet cepat 4G LTE di Tasikmalaya (kota dan kabupaten), Ciamis, Garut, Sumedang, dan Banjar. 


Dengaperesmian terbaru ini, maka mulai Juni 2017, layanan XL 4G LTE telah masuk ke hampir semua kabupaten/kota yang ada di provinsi tersebut. Paling tidak semua ibukota Kabupaten/Kota telah terlayani dengan layanan internat cepat 4G LTE sehingga warga masyarakat Jabar bisa memanfaat ketersediaan layanan internet cepat 4G LTE tersebut untuk mendukung aktifitas kehidupan sehari-hari agar lebihproduktif. Peresmian layanan 4G LTE di keenam kabupaten/kota tersebut dilaksanakan di Tasikmalaya, dengan dihadiri oleh GM Sales XL West Java R. Tommy Candra Dirgantara, GM LTE Execution Assurance Ronhugo Verry Leonard Tambunan dan Vice President Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti

 

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, “XL Axiata memiliki 31,2 juta pelanggan smartphone hingga akhir kuartal pertama 2017, meningkat 52% dari periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan pelanggan smartphone ini sangat berarti karena rata-rata konsumsi data pengguna smartphone juga meningkat secara signifikan, lebih dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Hal ini tidak terlepas dari meningkatnya kesadaran pelanggan smartphone XL Axiata untuk menggunakan jaringan 4G-LTE, di mana tingkat konsumsi pelanggan 4G-LTE kini mencapai lebih dari 1,5x dari rata-rata konsumsi smartphone.”

 

Menurut Yessie, pertumbuhan trafik layanan Data yang seiring dengan semakin tumbuhnya pelanggan yang menggunakan smartphone berkemampuan 4G tersebut terjadi secara secara merata di semua wilayah layanan XL Axiata. Hal ini pun searah dengan strategi perusahaan untuk berfokus pada layanan Data untuk tahun 2017 ini. Karena itulah, belanja modal (capex) untuk tahun ini diutamakan untuk mendukung pembangunan layanan Data dari berbagai sisi, termasuk penyediaan jaringan hingga ke pelosok daerah.

 

Untuk wilayah Jabar, selama 1 tahun terakhir tercatat adanya pertumbuhan akses ke layanan data digital hingga sekitar 55%.  Sementara untuk jumlah pelanggan XL Axiata di provinsi ini yang sudah menggunakan smartphone mengalami peningkatan hingga 168 %. Peningkatan tersebut terjadi di semua kabupaten/kota di Jabar. Karena itu Secara bertahap, seiring dengan terus meningkatnya permintaan atas akses layanan Data yang berkualitas oleh pelanggan di semua wilayah layanan, XL Axiata akan terus meningkatkan jangkauan di setiap kabupaten/kota ketingkat kecamatan sehingga warga di pinggiran bahkan di pedesaan pun akan bisa menikmati 4G LTE.

 

Saat ini total di Jabar telah beroperasi lebih dari 2000 BTS 4G LTE. Sementara untuk wilayah Tasikmalaya (kota/kab), Ciamis, Garut, Sumedang, dan Banjar layanan 4G LTE pada tahap awal diperkuat dengan lebih dari 300 BTS 4G yang akan terus ditingkatkan. Fasilitas koneksi XL 4G LTE akan bisa semakin meningkatan produktivitas masyarakat, baik untuk kepentingan ekonomi bisnis, maupun tujuan sosial, juga hiburan. Bagi pemerintah daerah, koneksi internet cepat 4G LTE juga akan bisa mendukung penerapan dan pengembangan e-government serta peningkatan layanan publik.

 

Tasikmalaya dan kota-kota di sekitarnya tersebut merupakan wilayah yang telah dicanangkan sebagai kawasan perdagangan serta jasa skala kota dan regional. Daerah tersebut juga telah lama dikenal sebagai salah satu sentra agribisnis Jabar. Sementara itu Garut merupakan salah satu destinasi wisata skala nasional yang terus menanjak popularitasnya. Pengembangan layanan internet cepat 4G LTE oleh XL ini sekaligus merupakan implementasi atas komitmen dan dukungan pada visi Indonesia Broadband Plan yang dicanangkan pemerintah untuk memfasilitasi percepatan pembangunan nasional di berbagai bidang.

 

Secara nasional, XL Axiata akan terus melakukan investasi untuk transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan upgrade jaringan untuk mendukung meningkatnya trafik data dan menjaga stabilitas layanan, meningkatkan kapasitas jaringan serta meningkatkan kualitas layanan data. Rencana pengembangan jaringan 4G LTE oleh XL Axiata dilakukan di kota-kota yang memiliki potensi secara bisnis serta telah memiliki kesiapan ekosistem layanan 4G. Saat ini, XL Axiata telah menyediakan layanan 4G LTE bagi pelanggan di 245 kota / kabupaten di berbagai wilayah Indonesia. Total jumlah pelanggan XL Axiata yang menggunakan 4G lebih dari15 juta. Sampai akhir tahun 2017 XL Axiata mentargetkan mampu menjangkau 330 kota/kabupaten dengan layanan 4G LTE yang ditopang dengan total lebih dari 17 ribu BTS 4G.(aln)

LEAVE A REPLY