Pasca Mudik, Kendaraan Perlu Perawatan

0
213

PERAWATAN- Seorang teknisi bengkel Nasmoco Group, tengah melakukan perawatan mobil Toyota konsumen pasca digunakan mudik Lebaran. FOTO : ANING KARINDRA


SEMARANG- Setelah kurang lebih satu pekan berlibur lebaran di kampung halaman, saat ini para pemudik tentunya telah kembali ke kota masing-masing untuk beraktivitas seperti sedia kala. Hal yang sering dilupakan adalah perlunya mengecek kembali kondisi kendaraan setelah digunakan untuk mudik lebaran. 



Managing Director Nasmoco Group selaku distributor resmi produk Toyota di Jateng-DIY, Fatrijanto mengatakan, kondisi jalan yang rusak atau berdebu, lalu lintas yang padat, serta kinerja mesin yang bekerja lebih ekstra tentunya akan berpengaruh pada kenyamanan kendaraan. Oleh karena itu, perlu adanya pengecekan dan perawatan kendaraan pasca mudik lebaran. 



“Beberapa tips perawatan kendaraan setelah mudik lebaran antara lain cek kondisi mesin, oli, dan filter udara, cek sistem pengereman dan kaki-kaki kendaraan, serta cek kondisi pendingin udara (AC),” katanya.



Menurutnya, setelah menempuh perjalanan yang cukup berat, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan kondisi mesin dan oli. Apabila diperlukan, lakukan juga penggantian oli mesin. 


“Filter udara juga memerlukan pembersihan untuk kendaraan yang melalui jalan berdebu,” ungkapnya.


 

Ditambahkan, pada sistem rem dan kopling haruslah dilakukan pengecekan juga, mengingat jalanan yang macet tentu memaksa untuk sering melakukan pengereman. Hal ini mengakibatkan penipisan kampas rem maupun kopling.

 


“Pengecekan kaki-kaki dan suspensi merupakan hal yang wajib dilakukan, khususnya bagi yang mudik melalui jalanan yang kurang baik atau bergelombang. Jalan yang rusak dan berlubang dapat memicu kebocoran pada sistem suspensi kendaraan Anda. Untuk memberikan kestabilan dan menjaga keausan ban, lakukan juga spooring dan balancing,” imbuhnya.



Terkait perawatan berkala pendingin udara, lanjutnya, sangat berguna untuk tetap memberikan kenyamanan dari sisi dalam kabin. Pembersihan filter dan evaporator dapat mengembalikan kesegaran udara yang tersirkulasi dalam sistem pendingin udara. 


“Jika pendinginan dirasa kurang optimal, maka perlu dilakukan juga pengecekan kondisi freon,” ujarnya.


 

Sementara, untuk mendapatkan kualitas perawatan kendaraan yang baik dan memenuhi standar, bawalah kendaraan ke bengkel resmi Toyota. Nasmoco melalui 21 jaringan diler dan bengkel resmi Toyota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta senantiasa berkomitmen untuk memberikan pengalaman kepemilikan terbaik bagi pelanggannya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here