Akhir Tahun, Penjualan Elektronik Bergairah

0
338

PAMERAN HOMETECH- Pengunjung tengah melihat-lihat salah satu produk televisi teknologi terbaru, dalam pamera HomeTech 2017 di Global Elektronik Pandanaran Semarang. FOTO : ANING KARINDRA



SEMARANG- Menjelang akhir tahub, penjualan produk-produk elektronik makin bergairah. Memasuki triwulan terakhir 2017 ini rata-rata penjualan elektronik meningkat 8% dibandingkan periode sama tahun lalu.



Managing Director Global Elektronik Semarang, Gouw Andy Siswanto mengatakan, pertumbuhan ini didorong penjualan televisi (TV), ponsel pintar (smartphone) dan pendingin udara (air conditioner/AC). Namun begitu, pertumbuhan ini masih dibawah tahun lalu, dikarenakan belum pulihnya daya beli masyarakat.



“Pertumbuhan penjualan akhir tahun ini masih lebih rendah jika dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan 4/2016 yang mencapai 12% dibandingkan tahun 2015,” katanya, di area pameran HomeTech ke-35 kalinya.



Dijelaskan, kegiatan pameran pun dinilai menjadi langkah efektif dalam memacu penjualan. Apalagi, melalui pameran banyak menawarkan promo-promo penjualan dan hadiah-hadiah menarik.


“Seperti halnya pameram HomeTech ini mampu memacu daya beli masyarakat,” jelasnya.



Menurutnya, sejumlah vendor elektronik merek branded ternama, seperti Samsung, Sharp, Panasonic, TCL, AC Daikin, ChangHong, Midea, Electrolux, ForbesLux dan OPPO turut memeriahkan HomeTech ke-35. Mereka berkolaborasi dengan 13 perbankan dan 7 perusahaan multifinance, menggelar pameran perdagangan perangkat elektronik dan ponsel pintar terlama.



“Adapun pameran tinggal hari Sabtu (21/10) dan Minggu (22/10) besok. Pameran tematik yang ke-35 kalinya ini diadakan di area parkir (outdoor) dan showroom (indoor) Jalan Pandanaran 102 (Kawasan Simpang Lima) dan Jalan MT. Haryono 509A (Pusat Elektronik) Semarang dan bertujuan mencapai target penjualan,” ungkapnya.



Andy berharap, momentum kuartal IV/2017, hingga Natal dan Tahun Baru 2018 nanti penjualannya akan semakin bergairah. Saat ini pemerintah perlu memberi ruang gerak orang untuk membeli, karena bisa menciptakan efek ganda.



“Jadi, formula meningkatkan daya beli ini dari pemerintah sangat penting. Selain itu, disertai kondisi perekonomian makro Indonesia yang sudah bagus perlu terus dijaga dan ditingkatkan,” tegasnya.



Sementara itu, kenaikan penjualan yang signifikan terjadi pada televisi (TV), pendingin udara (Air Conditioner/AC), lemari es dan mesin cuci dari merek Sharp. Ini dikarenakan Sharp banyak menyediakan hadiah gratis TV, lemari es, mesin cuci, water dispenser, magic com dan sepeda gunung. 



Sedangkan Samsung Electronics menyediakan hadiah cabutan berupa TV, lemari es, mesin cuci, AC, microwave dan sepeda gunung. Hadiah dari Sharp dan Samsung, rencananya, akan di umumkan pada hari terakhir pameran, Minggu, 22 Oktober 2017.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.