PLN Sukses Bangkitkan Usaha Rumah Wisata Kedelai di Salatiga

0
199

RUMAH KEDELAI- Tim kerja monitoring dan evaluasi program PKBL dari Kementerian BUMN, berfoto bersama manajemen PLN dan Mitra Binaan PLN Rumah Wisata Kedelai, disela kunjungannya. FOTO : IST/ANING KARINDRA

SALATIGA- PLN melalui program PKBL telah terbukti sukses membangkitkan Usaha Kecil Menengah (UKM). Salah satunya yang terjadi di Rumah Wisata Kedelai, Jl. Argomas Timur No. 31 Salatiga.

Usaha yang bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman sehat berbahan dasar kedelai ini telah sukses mandiri setelah mengalami masa keterpurukan.

Eko Susilo (54), Pemilik Rumah Wisata Kedelai Sehati mengaku, usaha yang dirintisnya sejak 2006 sempat mengalami jatuh bangun. Keterbatasan alat produksi pun menjadi salah satu kendala usahanya untuk berkembang.

“Saat itu ada kendala di proses produksi yang memakan waktu lama. Belum lagi hasil produksi cepat rusak (tengik), sehingga banyak merugi,” katanya, disela kunjungan kerja monitoring dan evaluasi program PKBL dari Tim Kementerian BUMN, di Mitra Binaan PLN Rumah Wisata Kedelai.

Berbagai inovasi peralatan produksi pun dilakukan Eko dengan mendaur ulang barang-barang bekas. Hanya saja, saat itu terkendala dana untuk membuat peralatan.

“Beruntung pada tahun 2010 PLN datang menawarkan bantuan permodalan bagi Rumah Wisata Kedelai sebagai mitra binaan PLN, sehingga usaha kami bisa bangkit dan berkembang hingga saat ini,” ujarnya.

Kini, Rumah Wisata Kedelai sudah memiliki banyak varian produk, mulai dari kedelai goreng rendah lemak dengan berbagai varian rasa (Bawang, keju, vegetarian), satru kedelai, serbuk beras merah, beras hitam, kacang hijau, bahkan perpaduan serbuk dengan gula merah organik menjadi jus hangat beras merah, beras hitam, dan kacang hijau. Adapun pemasarannya sudah meluas sampai ke Bali.

Indriani Widiastuti, Tim Kementerian BUMN dalam kunjungannya mengapresiasi upaya PLN dalam membangkitkan usaha kecil. Selain itu, pihaknya juga turut mendorong pelaku UKM untuk bisa terus berinovasi mengembangkan produknya.

“Sangat menarik semua proses produksi dilakukan dengan alat – alat yang merupakan modifikasi dan inovasi sendiri yang mendapat dukungan dana dari PLN di tahun 2010. Semoga usahanya bisa terus dikembangkan,” ungkap Indriani.

Dalam kesempatan tersebut, Manajer Senior CSR PLN Pusat, Zubaidah menyampaikan, bantuan PLN tak hanya sekedar pada permodalan saja. Namun, dengan melihat perkembangan usaha, selanjutnya PLN akan turut mendorong Rumah Wisata Kedelai untuk menyertifikasi produk-produknya ke Balai POM.

“PLN akan terus mendukung dan mendampingi Rumah Wisata Kedelai sebagai mitra binaannya dalam hal Sertifikasi dari Balai POM untuk produk – produk yang belum tersertifikasi,” tegasnya.

Sementara itu, kunjungan kerja tim Kementerian BUMN di Mitra Binaan PLN di Rumah Wisata Kedelai Salatiga didampingi pula oleh Hardian Saksi Laksana, Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY, dan Asistan Manajer Pelayanan dan Adsminstrasi PLN UL Salatiga, Ary Priyatna.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.