Kenalkan Pajak Lewat ‘Tax Goes To School’

0
26

– TAX GO TO SCHOOL- Petugas pajak dari KPP Pratama Semarang Tengah Dua tengah mengisi acara ‘Tax Goes To School’ bagi siswa-siswi di SMP Salomo 2 Jalan KH Wahid Hasyim 101 Bangunharjo Semarang. FOTO : IST/ANING KARINDRA

SEMARANG- KPP Pratama Semarang Tengah Dua menggelar ‘Tax Goes To School’ bagi siswa-siswi di SMP Salomo 2 Jalan KH Wahid Hasyim 101 Bangunharjo Semarang. Kegiatan ini diikuti kelas VII hingga IX, yang berjumlah 60 siswa.

Kegiatan ‘Tax Goes To School’ untuk tingkat SD dan SMP ini dilaksanakan secara serentak oleh KPP Pratama Semarang Tengah Dua.

Plh. Kepala KPP Pratama Semarang Tengah, Dwi Joko Kristanto, diwakili Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan, Reni Aryanthi menyampaikan, para siswa sebagai generasi muda perlu mengenal apa itu pajak. Pasalnya, mereka yang akan pembayar pajak ataupun sebagai petugas pajak.

“Pajak merupakan penopang utama pembiayaan negara,” katanya.

Disebutkan, kegiatan serupa telah dilaksanakan secara serentak pada tahun 2017 berupa Pajak Bertutur. Kemudian lanjutan dari Pajak Bertutur di tahun 2018 yakni Tax Goes To School yang merupakan program dari Kanwil DJP Jawa Tengah I, dengan melakukan sosialisasi dan edukasi di sekolah-sekolah di Semarang.

“Sosialisasi pajak ini bukan hanya kepada wajib pajak yang sudah memiliki NPWP, tetapi juga para calon wajib pajak yaitu siswa sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA, termasuk Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Untuk KPP Pratama Semarang Tengah Dua, sebut Reni Aryanthi, ada 2 (dua) sekolah yang ditunjuk, yaitu SD Islam Al Iman dan SMP Salomo 2 Semarang.
Tujuan dari kegiatan Tax Goes To School ini tentunya untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang peran dan manfaat pajak dalam pembangunan, serta memberikan kepedulian kepada tenaga pendidik dan kependidikan tentang program edukasi kesadaran pajak dalam pendidikan.

Perlu untuk diketahui lanjutnya, bahwa 75% APBN di Indonesia berasal dari pajak, dimana 20 % sudah pasti dialokasikan untuk anggaran pendidikan. Kita tidak bisa mengandalkan pengelolaan sumber daya alam, apa lagi mengandalkan hutang.

“Jangan sampai nanti generasi kita mendatang menanggung hutang negara,” tegasnya.

Kepala Sekolah SMP Salomo 2 Semarang, diwakili oWakil Kepala Sekolah, Heni menyampaikan, pihak sekolah sangat senang dengan acara ini.

“Bagi kita Pajak itu penting untuk pembangunan,” katanya.

Reni Aryanthi dan Heni juga berharap, dengan adanya edukasi secara dini kepada para siswa, maka nantinya para siswa ini akan menjadi wajib pajak yang patuh, pada saat mereka sudah menjadi pelaku usaha serta memasuki dunia kerja.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here