Mbiz Fokus Garap UMKM

GARAP UMKM- VP Channel Product Development Group Mbiz.co.id, Hita Supranjaya (kanan), menunjukkan laman yang bisa diakses UMKM untuk bertransaksi, di Semarang. FOTO : ANING KARINDRA


SEMARANG – Perusahaan e-commerce, Mbiz.co.id pada tahun ini fokus menggarap pasar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ekosistem UMKM yang sangat luas merupakan potensi pasar yang menjanjikan bagi perusahaan rintisan berbasis teknologi digital ini.


VP Channel Product Development Group Mbiz.co.id, Hita Supranjaya mengatakan, dalam Mbiz, UMKM diberikan ruang tersendiri untuk bisa saling bertransaksi. Bahkan, UMKM bisa memilih sendiri vendor-vendor yang diinginkan, Mbizmarket.co.id


“Jadi, tahun 2019 ini kita akan lebih fokus ke UMKM, sejalan dengan program pemerintah yang juga fokus mengembangkan UMKM,” katanya, di Semarang.


Ditambahkan, sebagai pionir di bidang pengadaan barang dan jasa (procurement) di Indonesia, Mbiz.co.idmemberikan pemahaman yang komprehensif terhadap kebutuhan, ekspektasi, dan tantangan yang dihadapi oleh beragam organisasi dari berbagai sektor. Dalam hal ini termasuk sektor UMKM saat menyelenggarakan pengadaan barang dan jasa. 


“Adapun produk yang bisa diajukan yakni mulai pengadaan produk-produk IT, perlengkapan kantor, jasa alih daya SDM (seperti penyediaan tenaga keamanan, tenaga spesialis, customer service, SPG, hingga petugas kebersihan), jasa event organizer, jasa pemeliharaan gedung/kantor, rental kendaraan, layanan IT terkelola seperti managed print services atau seat management, jasa pemasangan iklan, pengadaan bahan-bahan kimia, hingga pengadaan barang dan jasa yang bersifat kustomisasi,” imbuhnya.


Menurutnya, lembaga atau perusahaan-perusahaan yang bermitra dengan Mbiz.co.id tidak perlu lagi melakukan pencarian calon vendor atau melakukan pengecekan-pengecekan lainnya terkait kebutuhan pengadaan barang dan jasa. Tugas tersebut dapat dilimpahkan sepenuhnya kepada Mbiz.co.id yang akan berperan sebagai pihak yang mengonsolidasi vendor-vendor yang dibutuhkan.


Adapun untuk menjawab isu akan besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah organisasi untuk membangun sistem e-procurement sendiri, Mbiz.co.id menyatakan bahwa platformnya dapat dimanfaatkan secara gratis. Termasuk bagi perusahaan-perusahaan yang sebelumnya telah memiliki sistem e-procurement sendiri dan ingin berintegrasi dengan Mbiz.co.iduntuk mendapatkan manfaat fitur-fitur inovatif yang tidak tersedia pada platform mereka yang telah terbangun.


“Cukup menggunakan atau berintegrasi dengan platform dari Mbiz.co.id, perusahaan-perusahaan dapat menghemat biaya pembuatan, pengembangan platform, dan pemeliharaan platform yang bisa mencapai Rp 6 miliar per tahun,” ungkapnya.


Dilanjutkan, keandalan platform e-procurement yang lengkap dan menyeluruh dari Mbiz.co.id, yang diperkaya dengan beragam fitur dan fungsi, menjadikan perusahaan-perusahaan penggunanya juga dapat melakukan efisiensi pada jumlah SDM pada departemen pengadaan barang dan jasa. Departemen ini akan menjadi sebuah tim yang ramping, namun tetap mampu menghadirkan kinerja sesuai ekspektasi perusahaan.(aln)