27.000 Kendaraan Sudah Masuk Jateng Lewat Tol

PRAJUDI- Direktur Utama Jasa Marga Semarang-Batang. FOTO : IST/ANING KARINDRA


*Jelang Larangan Mudik

SEMARANG – Jasa Marga Semarang-Batang mencatat, 27.000 kendaraan sudah memasuki Jawa Tengah hingga 1 Mei 2021 jelang larangan mudik.

Direktur Utama Jasa Marga Semarang-Batang, Prajudi mengatakan, volume kendaraan yang melintas via tol sudah ramai sejak 30 April dan diyakini terjadi puncaknya pada Rabu, 5 Mei 2021.

“Volume kendaraan yang melintas cukup banyak naik 10% pada tanggal 30 April-1 Mei 2021. Kendaraan yang masuk mencapai 27 ribuan,” kata Prajudi, Rabu (5/5/2021).

Dijelaskan, Jasa Marga Semarang-Batang sudah siap mengantisipasi jika terjadi lonjakan arus mudik meskipun ada larangan mudik dari pemerintah. Pihaknya tetap memberikan pelayanan prima layaknya tidak ada larangan mudik, misalnya kondisi jalan sudah dipastikan aman bebas lubang dan aman dari proyek pembangunan sarana tol.

Selain itu, pihaknya juga sudah mengantisipasi apabila terjadi kepadatan di sejumlah titik rest area agar tidak menjadi sumber kemacetan.

“Semua gerbang masuk tol tentunya akan kita buka semua, namun tetap memperhatikan seberapa banyak volume kendaraan yang masuk, sebaliknya untuk arus balik juga sudah kita siapkan,” jelasnya.

Namun demikian, lanjutnya, pihaknya menghimbau agar pemudik tetap mematuhi protokol dan syarat mudik tahun ini. Apabila pemudik kedapatan tidak memenuhi persyaratan tentunya akan diminta putar balik.(aln)