PLN UIT JBT Terima 174 Sertifikat Aset Tanah dari BPN

*Kado Hari Listrik Nasional ke-76

KADO HARI LISTRIK- PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah menerima 174 sertifikat Aset Tanah bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-76, Rabu (27/10/2021). FOTO : IST/ANING KARINDRA


SEMARANG- Bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-76, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah menerima 174 sertifikat Aset Tanah. Sertifikat tersebut diserahkan oleh Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Tengah dan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Barat.

Ini merupakan langkah PLN UIT JBT untuk melakukan percepatan pensertifikatan aset tanah guna memenuhi tata tertib hukum, aspek legalitas dan melakukan pengamanan aset negara.

General Manager PLN UIT JBT, Sumaryadi mengatakan, momentum penyerahan sertifikat aset PLN UIT JBT tersebut merupakan Kado Indah bagi PLN.

“Tepat di Tanggal 27 Oktober 2021, momentum penyerahan sertifikat aset ini merupakan Kado Indah bagi insan PLN. Kami berterimakasih kepada BPN, khususnya BPN Wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat atas sinergi yang baik ini, sehingga kami dapat mewujudkan komitmen untuk mengamankan, memelihara, dan mendayagunakan aset tanah demi masa depan penyediaan tenaga listrik,” kata Sumaryadi, pada sambutannya dalam Acara Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah Aset PT PLN (Persero) di Provinsi Jawa Tengah, Rabu (27/10/2021).

Kolaborasi dan kerjasama yang baik antara PLN dan BPN tersebut, juga diapresiasi oleh Senior Executive Vice President Manajeman Aset PT PLN (Persero) Paranai Suhasfan yang turut hadir dalam acara penyerahan sertifikat aset di Semarang, kemarin.

“Hingga saat ini, total sebanyak 415 persil aset tanah milik PLN UIT JBT, UIP JBT dan UID Jateng & DIY yang ada di provinsi Jawa Tengah telah diserahkan oleh Kantor Wilayah BPN Jawa Tengah. Kami berterimakasih atas sinergi ini sehingga apa yang diamanatkan kepada kami terkait legalitas aset dapat berjalan lancar,” katanya.

Dalam prosesi penyerahan sertifikat aset hak atas tanah PT PLN Persero di Provinsi Jawa Tengah tersebut, Kepala Kantor Wilayah BPN/ATR Provinsi Jawa Tengah, Dwi Purnama S.H, M.Kn
mengungkapkan komitmennya untuk terus mendukung PLN dalam melakukan percepatan sertifikasi aset.

“Alhamdullilah, pada momen spesial PLN hari ini, yaitu hari listrik nasional ke 76, kami bisa menyerahkan 127 sertifikat aset tanah PLN (PLN UIT JBT, UIP JBT dan UID Jateng DIY_red) yang ada di provinsi Jawa Tengah. Untuk target selanjutnya, kami siap membantu dalam mencari solusi untuk penyelesaian permasalahan terkait penertiban aset tapak tower PLN. Itu menjadi masalah kita bersama, tidak hanya PLN,” ungkapnya.

Dalam momentum HLN ke 76 ini, sebanyak 88 sertifikat tanah di Provinsi Jawa Tengah dan 86 sertifikat tanah di Provinsi Jawa Barat milik PLN UIT JBT diserahkan. Sementara hingga hari ini, total keseluruhan sertifikat aset tanah PLN milik UIT JBT, UIP JBT dan UID Jateng & DIY di Provinsi Jawa Tengah yang telah diserahkan ada sebanyak 415 persil sertifikat.(aln)