BABINSA Doktrin Wawasan Kebangsaan Pelajar

SEMARANG-Para pelajar SMA se-Kota Semarang kini mendapatkan pemahaman tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dari para Babinsa Kodim 0733 BS Semarang melalui berbagai kegiatan, misalnya ekstra kurikuler Paskibraka, Pramuka maupun melalui amanat upacar bendera.


Asupan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara tersebut menurut Dandim 0733 BS Semarang Kol Inf M Taufiq Zega merupakan upaya melandasi generasi muda dengan nilai-nilai cinta tanah air agar menumbuhkan semangat bela negara.


“Bela negara itu tidak saja semangat menghadapi musuh saat perang, melainkan melakukan upaya-upaya yang berdampak positif bangi kepentingan bangsa dan negara. Hidup teratur tidak melanggar aturan dan undang-undang saja merupakan bentuk bela negara. Apalagi hidup dengan mengembangkan sikap-sikap toleransi, menghargai hak orang lain dan saling membantu. Semua ini cermin dari rasa cinta tanah air dan bela negara”, ungkap Kol Inf M Taufiq Zega di markasnya.


Salah satu kegiatan pendalaman wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dilakukan di SMA Kolese Loyola Semarang setiap Senin usai jam sekolah. Para pelajar yang mengikuti ekstra kurikuler Pasibraka mendapatkan pembekalan baris-berbaris militer serta bekal kelas berupa materi Cinta Tanah Air, Pewaspadaan Nasional hingga Bahaya Narkoba. Materi disampaikan Serda Mintono dan Sertu Supriyono anggota Babinsa Koramil Semarang Tengah, pimpinan Mayor Inf Harton SPd. (aln)