Kesadaran Masyarakat Pudar, Peringatan Nasional Tak Pasang Bendera

SEMARANG – Sudah berulangkali aparat Babinsa Kodim 0733 BS Semarang mengingatkan ke warga yang ada di wilayah binaannya saat menjelang memperingati hari besar nasional yang diperingati dengan pemasangan bendera.

Namun diakui para Babinsa bahwa kesadaran masyarakat mulai memudar dan mengabaikan sikap-sikap kebangsaan.
Meski kesadaran mulai pudar, namun aparat yang dikomandoi Dandim 0733 BS Semarang Kolonel Inf M Taufiq Zega ini pun tidak lantas putus asa.

Para Babinsa yang berada di wilayah juga masih sibuk mengingatkan pemasangan bendera Merah Putih untuk memperingati hari berkabung atas upaya merongrong Ideologi Pancasila yang dilakukan PKI pada 30 September dengan membunuh para Jenderal yang disebut pahlawan Revolusi.


Di wilayah Koramil 13 Semarang Selatan misalnya, dibawah perintah Danramil Mayor Inf Rahmatullah AR SE MM, para Babinsa diminta membantu warga memasang bendera setengah tiang. Bahkan warga sejak pagi juga sudah menyiapkan membersihkan Gapura Jalan Cempedak Raya untuk dipasang bendera Merah Putih.
Wilayah Koramil Gajahmungkur pun sama. Danramil Gajahmungkur Kapten Inf Subandi juga ikut turun ke kampung-kampung mengingatkan warganya dan instansi untuk memasang bendera Merah Putih.


“Kami tidak memaksa mereka, namun kami memberikan pengarahan dan penyadaran kepada warga atas sikap-sikap penghormatan warga negara kepada negaranya, kepada lambang-lambang negaranya, termasuk hari-hari penting yang bersejarah dan ditetapkan oleh negara sebagai hari yang harus dipengingati seluruh bangsa Indonesia”, tandas Mayor Inf Rahmatullah.


Sementara Kapten Inf Subandi mengatakan, nilai-nilai nasionalisme dan cinta tanah air kita jangan sampai mundur, apalagi sampai punah.

“Bila kita tidak lagi menghormati lambang-lambang negara dan hari-hari nasional, maka ini merupakan bentuk melemahnya negara. Rakyat sudah tidak peduli lagi pada negara, sehingga negara ini mungkin akan mudah dihancurkan dan dikuasai oleh pihak-pihak yang ingin mengambil kepentingan. Karena itu kami selalu mengingatkan dan mengajak warga agar peduli kepada lingkungan dan memiliki wawasan kebangsaan”, ungkap Kapten Inf Subandi.


Dandim 0733 BS Semarang meminta para Babinsa yang berada di wilayah agar berperan dalam menanamkan sikap cinta tanah air dan bela negara kepada warga binaannya.

“Bela negara itu tidak saja yang bermakna perang atau mengangkat senjata ketika negara dalam ancaman musuh, melainkan melakukan hal-hal yang memupuk rasa cinta tanah air dan mengajak warga lainnya untuk berbuat demi kebaikan bangsa dan negara adalah termasuk bela negara. Memperingati Hari Besar Nasional juga merupakan bagian dari mencintai tanah air dengan mengenang sejarah perjuangan bangsa sebagai bekal menuju masa depan yang lebih baik”, tegas Dandim.


Mengingatkan warga memasang bendera Merah Putih secara tepat dan benar dilakukan Babinsa setiap saat, termasuk menjelang peringatan seperti HUT RI, Hari Pahlawan dan Kesaktian Pancasila. (aln)