Masyarakat Nyaman Tiap Malam Disambangi

SEMARANG – Patroli Cipta Kondisi Kamtibmas yang digelar Koramil 11 Pedurungan bersama Polsek Pedurungan di wilayah Kecamatan Pedurungan menuai pujian masyarakat. Warga dari perkampungan maupun perumahan menyampaikan harapan agar kegiatan patroli bersama antara aparat Babinsa TNI dengan Bhabinkamtibmas Polri bisa berlanjut terus, tidak hanya digelar menyikapi adanya potensi gangguan keamanan menjelang Pemilu Legislatif dan Presiden mendatang.


Sebagai dampak dari seringnya kami disambangi aparat keamanan dari TNI maupun Polri tiap malam, partisipasi masyarakat untuk menjaga keamanan jadi meningkat.

“Kesadaran warga untuk siskamling sekarang mulai muncul lagi. Kami malu kalau pos kami didatangi dari Koramil dan Polsek kok sepi tidak ada warga jaga, maka kami giatkan lagi jaga malam”, ungkap Margono, Ketua RT 07 RW 5 Kelurahan Gemah Kecamatan Pedurungan Semarang.


Umumnya mereka merasakan nyaman bila secara rutin ada kunjungan Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah pemukiman warga. Dampaknya sangat positif bagi keamanan dan ketertiban lingkungan.


Danramil 11 Pedurungan Kapten Art Sujono mengungkapkan apa yang dilakukan dengan menggelar Patroli sekaligus Sambang Pos Kamling melibatkan aparat gabungan Babinsa dengan Bhabinkamtibmas semata-mata untuk menciptakan keamanan lingkungan dan mendekat masyarakat.

“Dengan menyambangi aktifitas jaga malam warga, maka kami juga menyerap informasi kamtibmas dari masyarakat. Segala keluhan soal kamtibmas kami jadi tahu dan dapat mencarikan solusi secepat mungkin. Kami jadi cepat bergerak bila terdapat gangguan keamanan dan ketertiban”, ungkap Kapten Art Sujono.


Patroli gabungan menurutnya mampu menekan angka gangguan keamanan, terutama kriminalitas. Selain patroli, tim gabungan juga sering menggelar razia di jalan-jalan rawan dipimpin di bawah kendali Polsek.


“Koramil 11 Pedurungan sifatnya memback up Polsek Pedurungan dan memberi penguatan kepada warga untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan peduli lingkungan”, ujar Sujono.


Koramil 11 Pedurungan bahkan memiliki program kegiatan komunikasi sosial yang implikasinya membangun kesadaran bela negara yang di dalamnya mencakup kepedulian sosial dan pewaspadaan terhadap ancaman desintegrasi.


“Sambang warga atau kunjungan ke wilayah membangun komunikasi kepada warga mutlak kami lakukan untuk membangun mitra karib yang cukup efektif dalam menjaga iklim kondusif di wilayah. Dari warga lah kami sering mendapatkan informasi seputar gangguan kamtibmas. Warga juga sering memberikan kontribusi masukan-masukan terkait keamanan dan pengamanan lingkungan”, tambah Danramil 11 Pedurungan.


Patroli selain menyasar pemukiman juga tempat berkumpul seperti warung kucingan dan tempat hiburan. Aparat gabungan selalu menyempatkan berkomunikasi dengan masyarakat menyampaikan pesan-pesan pewaspadaan dan upaya peduli keamanan lingkungan.


“Kami juga buatkan grup WhatsApp untuk komunikasi warga dengan kami, sehingga ada info kejadian kami langsung cepat menangani”, lanjut Kapten Arh Sujono.(aln)