Babinsa Dan Petani Tanam Padi Si Denom

SEMARANG – Para Babinsa Koramil 07 Gunungpati, bersama Kelompok Tani Vanda Subur Dusun Mundingan Kelurahan Cempoko Kecamatan Gunungpati Semarang, melakukan tanam bersama padi varietas Si Denok dengan pola tanam Jajar Legowo di areal pertanian seluas 3.000 hektare.


Penanaman padi tersebut merupakan program tanam kelompok tani sekaligus mengedukasi jajaran Babinsa Koramil 07 Gunungpati dan masyarakat tani dalam rangka mendukung program ketahanan dan kedaulatan pangan. Kegiatan kerjasama antara Kodim 0733 BS Semarang dengan Dinas Pertanian Kota Semarang ini dalam rangka memberikan pengetahuan tentang pertanian kepada para Babinsa sehingga mampu memahami seputar pertanian.


Danramil 07 Gunungpati Mayor Inf Sunardi mengemukakan, harapannya para Babinsa bisa memahami persoalan pertanian sehingga bila ada masyarakat yang bertanya, minimal bisa memberikan solusi atas kesulitan yang dihadapi. Sekaligus dengan adanya pengalaman dan pemahaman ilmu pertanian, bila mana setelah pensiun ingin terjun di duania pertanian, maka para Babinsa akan lebih siap.


Menanam dengan pola Jajar Legowo menurut Bati Tuut Pelda Mulyadi adalah menanam dengan membuat jarak yang tidak terlalu rapat. “Untuk pola tanam jajar legowo ini sangat tepat bila menggunakan padi varietas Si Denok. Karena padi jenis unggul ini akan optimal panenannya bila ditanam agak renggang, sehingga mampu menghasilkan bulir padi yang banyak dan gemuk”, ungkap Pelda Mulyadi selaku koordinator Babinsa yang mengikuti edukasi seputar pertanian.


Gunungpati menurut Danramil 07 Gunungpati merupakan wilayah yang didominasi daerah pertanian. Sektor pertanian yang paling banyak adalah tanaman padi. Karenanya masyarakatnya pun terdiri dari banyak petani.


“Karena masyarakatnya didominasi petani, maka kami siapkan Babinsa yang memahami seputar pertanian, agar bila berbicara seputar pertanian bisa nyambung. Banyaknya persoalan pertanian, membuat kami tergerak untuk membekali Babinsa ilmu pertanian. Karenanya kami mendapat support dari para PPL Pertanian dan Dinas Pertanian Kota semarang”, ungkap Mayor Inf Sunardi.(aln)